Workday Mengantar Perusahaan Lakukan Transformasi Digital

Disrupsi teknologi, pasar yang berubah cepat, kesenjangan keterampilan karyawan, hingga pandemi Covid-19 membuat transformasi kini menjadi sebuah keniscayaan bagi perusahaan. Agar keberlangsungan bisnis tetap terjaga, mereka harus memperbarui semua lini dalam organisasinya. Terutama, transformasi digital. Pasalnya, siapa yang tak siap di era disrupsi seperti sekarang, bukan mustahil akan segera menemui stagnasi berkepanjangan.

Salah satu teknologi yang makin diandalkan untuk transformasi digital adalah layanan software as a service (SaaS). Sebab, dengan menggunakan SaaS, perusahaan tidak perlu berinvestasi mahal pada infrastruktur seperti server, storage, data center, berikut biaya pemeliharaannya. SaaS membantu penyediaan itu semua lengkap dengan jaminan security, accessibility, availability, dan konsistensi data, serta memungkinkan perusahaan memiliki skalabilitas yang lebih tinggi karena bisa berekspansi dengan lebih cepat.

Keunggulan ini telah lama disajikan oleh Workday. Selama lebih dari 15 tahun, Workday mendampingi beragam perusahaan dalam melakukan transformasi digital memanfaatkan platform SaaS. Melalui kemampuan teknologi komputasi awan (cloud) miliknya, perusahaan yang lahir di Amerika Serikat ini membantu banyak perusahaan mengelola empat area yang vital, yakni human capital management (HCM), financial management (FINS), planning, analytics & reporting.

“Keempat area itu sering menjadi agenda penting dalam perjalanan perusahaan untuk bertransformasi. Solusi Workday dalam hal ini di-deliver sebagai servis, yakni menyediakan solusi end-to-end yang berbasis cloud yang sangat mengutamakan skalabilitas dan uptime SLA (Service Level Agreement),” kata Fitrah Muhammad, Country Manager Workday untuk Indonesia dan Thailand.

Untuk HCM, Fitrah menjelaskan, solusi end-to-end yang ditawarkan perusahaannya adalah membantu korporasi memetakan sumber daya manusia (SDM) mereka, mulai dari proses workforce planning, recruiting, onboarding, time tracking, learning, talent and performance management, benefit, compensation, hingga tahap pensiun. “From hire to retire. Ini merupakan sistem yang vital bagi perusahaan. Mereka butuh sistem yang mampu menangani aset perusahaan yang paling penting, yaitu sumber daya manusia. Inilah yang ditangani Workday,” katanya.

Fitrah melanjutkan, Workday meyakini bahwa aspek penting dalam transformasi digital adalah mentransformasi SDM. Talenta di perusahaan harus mampu mengikuti perkembangan dunia digital, mampu menjawab tantangan yang didorong oleh kaum milennial, dan sanggup berkompetisi dengan pemain regional. “Jadi, ketika perusahaan punya agenda untuk transformasi SDM, di situlah kami fit in,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan Fitrah menyatakan demikian, Workday memiliki fitur-fitur yang dapat membantu organisasi untuk memberikan pengalaman yang innovative dan personalised kepada pengguna dengan menggunakan machine learning yang sudah built-in di dalam Workday. Seperti fitur Skills Cloud yang memungkinkan perusahaan untuk mengetahui keterampilan yang dimiliki karyawan berdasarkan data dari berbagai sumber, seperti resume, pengalaman kerja, learning course, feedback karyawan, dan lain-lain. Dengan fitur Skills Cloud, perusahaan bisa mencocokkan karyawan dengan lowongan pekerjaan, learning, dan opportunity lainnya.

Tidak hanya Skills Cloud, Workday menyediakan berbagai fitur inovatif lainnya seperti Workday Assistant, yaitu chatbot yang bisa membantu pengguna untuk melakukan tugas dan mendapatkan informasi melalui percakapan yang sederhana. Selain itu, Workday dapat menampilkan informasi dan tugas yang dipersonalisasi menggunakan machine learning, yang bisa memberikan akses yang cepat terhadap apa yang dibutuhkan tiap karyawan. Untuk memberikan experience yang terbaik, Workday menyediakan aplikasi mobile yang bisa diakses melalui iOS ataupun Android.

 “Berbeda dari on-premises software, kelebihan servis Workday Cloud memungkinkan pengaturan dan penggunaan HCM dilakukan dalam satu sistem di mana saja dan kapan saja. Semua hal terkait pemeliharaan dan upgrade sistem ditangani oleh Workday sehingga pelanggan tidak perlu sibuk dengan rutinitas maintenance yang bisa jadi sangat kompleks. Ini memungkinkan pelanggan untuk fokus pada kegiatan bisnis utamanya dan memenangkan persaingan di pasar,” kata Fitrah.

Workday saat ini telah menangani lebih dari 7900 perusahaan di seluruh dunia. Fitrah mengungkap, pihaknya ingin lebih banyak lagi perusahaan di Indonesia yang menggunakan teknologi cloud sehingga bisa mengikuti jejak perusahaan-perusahaan kelas dunia yang berhasil meningkatkan kemampuan HCM-nya saat melakukan transformasi digital.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Workday mendirikan kantor di Jakarta pada awal 2020. Selain untuk penetrasi lebih dalam ke pasar Indonesia, juga karena semakin banyak permintaan berbagai perusahaan terutama dari industri perbankan, konglomerasi, dan BUMN untuk bekerjasama dengan Workday.

“Potensi pasarnya sangat besar di Indonesia. Banyak unicorn ternama di Indonesia juga sudah menjadi klien Workday. Fokus kami di Indonesia adalah ingin memastikan semakin banyak perusahaan di Indonesia punya akses ke kemampuan Workday,” ujar Fitrah.

Workday meyakini keinginan tersebut bisa terwujud. Terlebih, reputasinya di kancah internasional sangat diakui. Menurut Global Survei, 46% perusahaan yang masuk Fortune 500 telah menggunakan solusi dari Workday sebagai sistem yang menangani sumber daya manusia mereka.

“Artinya, customer bisa refer ke mereka. Saya membayangkan tren yang sama akan terjadi di Indonesia. Di mana perusahaan-perusahaan terbaik di negeri ini akan memakai layanan cloud HCM yang sama yang digunakan organisasi-organisasi besar di dunia, yaitu Workday. Inilah misi kami,” kata Fitrah penuh antusias.§

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai bagaimana Workday bisa membantu perusahaan anda untuk Accelerate the Digital transformation process, anda bisa mendownload report nya mengenai The Roadmap to Digital Transformation Acceleration *Disini

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)