Yayasan Yatim Mandiri

YAYASAN YATIM MANDIRI atau yang lebih dikenal dengan sebutan YATIM MANDIRI adalah  Lembaga amil zakat yang  berkhidmat dan concern dalam upaya memandirikan anak yatim dhuafa. Lembaga yang  memiliki  3  misi  utama;  Membangun  nilai-nlai  kemandirian  yatim  dan  dhuafa, meningkatkan  partisipasi  masyarakat  dan  dukungan  sumberdaya  untuk  kemandirian  yatim  dan dhuafa, serta meningkatkan capacity building organisasi, guna mewujudkan cita-cita bersama menjadi lembaga terpercaya dalam membangun kemandirian yatim dan dhuafa.

Berdiri  sejak 31 Maret 1994, Yatim Mandiri mengalami perjalanan panjang selama 26 tahun yang mana saat ini telah memiliki kantor layanan di 46 kota dan 12 provinsi dari Sumatra Utara hingga Sulawesi Selatan. Berbagai capaian turut serta mengukir tinta emas perjalanan lembaga yang berkantor pusat di Surabaya ini, di antaranya:

  1. Sertifikat Registrasi dari Kementerian Agama RI, sebagai :
  2. Lembaga Pengelola Zakat  Berpredikat Sesuai Syariah
  3. Lembaga Pengelola Zakat  Berperingkat  A (Amat Baik)
  4. Lembaga Pengelola Zakat Patuh Pelaporan Keuangan Standar
  5. Audit Keuangan : Wajar Tanpa Pengecualian selama 6tahun berturut-turut
  6. Penghargaan dari Kementerian Sosial RI, sebagai :
  7. Juara I  Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur
  8. Juara III  Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Teladan Tingkat Nasional
  9. Rekor Muri : Pemberi Beasiswa Yatim Terbanyak 17.531 anak dalam waktu satu semester
  10. ISYEF Bank Indonesia : Juara II Model Bisnis Ziswaf unggulan 2020 Tingkat Nasional

Capaian tersebut seiring ikhtiar mewujudkan kemandirian penerima manfaat yang diupayakan melalui lima program utama Yatim Mandiri, yaitu program pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, sosial kemanusiaan dan dakwah.  Alhamdulillah, Yatim Mandiri dari tahun ke tahun semakin tumbuh dan berkembang.  Sampai saat ini, Yatim Mandiri telah memberikan bantuan kepada 112.520 penerima manfaat dan santunan untuk 18.000 anak yatim dan dhuafa serta  memandirikan 150 anak setiap tahunnya. 

Mengapa harus mandiri? mengapa bukan sekedar mengentaskan kemiskinan? Sebab, esensi kehidupan seorang insan agar selamat dan bahagia dunia akhirat meliputi kesadaran untuk mandiri. Mandiri dalam beribadah, mandiri belajar dan mandiri finansial.

Untuk  menggapai  kemandirian,  seorang  mustahik  khususnya  yatim  dan  dhuafa  suatu  saat diharuskan mampu mengubah fundamental hidupnya mejadi pribadi yang mandiri. Untuk mengujudkan kemandirian mustahiq Yatim Mandiri memiliki 5 dasar program utama untuk merealisasikan tujuan besar kemandirian.

Pendidikan

Salah satu upaya meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan angka kemiskinan adalah dengan meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan.

Pemberdayaan

Program ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas SDM, pengembangan ekonomi produktif dengan menyediakan  akses serta edukasi untuk berdaya secara ekonomi berbasis kelompok ibu yatim dan dhuafa.

Kesehatan

Memberikan layanan kesehatan gratis dan berkelanjutan guna mengurangi resiko kesehatan khususnya yatim dan dhuafa.

Kemanusiaan & Bencana

Indonesia sebagai negara yang terletak di lingkaran cincin api sangat rawan terjadi bencana. Kejadian bencana juga berpotensi menimbulkan kemiskinan baru serta terbentuknya masyarakat dalam kategori rentan  miskin.  Program  kemanusiaan  dan  bencana  yatim  mandiri  disalurkan  untuk  mencukupi kebutuhan fakir miskin, dan yang terdampak bencana.

Program Dakwah

Yatim mandiri senantia mengembangkan dakwah, seruan, dan ajakan tentang ZIS dan masalah kemanusiaan lainnya.

Bantuan Langsung dari Maybank AM

PT Maybank Asset Management (Maybank AM) adalah anak perusahaan dari Maybank Asset Management Group (MAMG) di bawah kelompok Maybank. Maybank Asset Management siap untuk menawarkan berbagai solusi investasi melalui eksistensi yang kuat di pasar-pasar utama ASEAN yaitu Malaysia, Indonesia, dan Singapura yang menggabungkan keahlian yang berfokus di Asia.

Sejak berdirinya, Maybank AM telah mengelola portofolio investasi untuk nasabah institusi dan perorangan melalui Reksa Dana dan Pengelolaan Dana Nasabah Secara Individual. Sebagai bentuk rasa peduli Maybank AM Bantuan Langsung dari Maybank AM kepada masyarakat Indonesia telah menyalurkan bantuan sosial senilai Rp 1.000.000.000,- (1 Milyar Rupiah) kepada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri. Untuk membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Serta cipta lapangan kerja terlebih lagi untuk masyarakat terdampak Covid-19. Semoga bantuan ini bermanfaat dan mampu meringankan beban masyarakat. Semoga amanah yang kami emban dapat memberi kebermanfaat untuk umat, dan doakan kami selalu ya sahabat agar semakin banyak program-program Yatim Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Terima kasih Maybank Asset Management.

YAYASAN YATIM MANDIRI atau yang lebih dikenal dengan sebutan YATIM MANDIRI adalah Lembaga amil zakat yang berkhidmat dan concern dalam upaya memandirikan anak yatim dhuafa. Lembaga yang memiliki 3 misi utama; Membangun Nilai-Nilai Kemandirian Yatim Dan Dhuafa, Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dan Dukungan Sumberdaya Untuk Kemandirian Yatim Dan Dhuafa, Meningkatkan Capacity Building Organisasi. Berdiri sejak 31 Maret 1994, Yatim Mandiri mengalami perjalanan panjang selama 26 tahun yang mana saat ini telah memiliki kantor cabang di 46 kota dan 12 profinsi dari Sumatra Utara hingga Sulawesi Selatan. Berbagai capaian turut serta mengukir tinta emas perjalanan lemba yang berkantor pusat di Surabaya, di antaranya:

  1. Juara I Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur
  2. Juara III Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Teladan Tingkat Nasional
  3. Rekor Muri : Pemberi Beasiswa Yatim Terbanyak 17.531 anak dalam waktu satu semester
  4. ISYEF Bank Indonesia : Juara II Model Bisnis Ziswaf unggulan 2020 Tingkat Nasional

Capaian tersebut seiring ikhtiar mewujudkan kemandirian penerima manfaat yang diupayakan melalui lima program utama Yatim Mandiri, yaitu program pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, sosial kemanusiaan dan dakwah. Untuk mengapai kemandirian, seorang Mustahik khususnya yatim dan dhuafa suatu saat di haruskan mampu mengubah fundamental hidupnya mejadi pribadi yang mandiri. Untuk mengujudkan kemandirian mustahiq Yatim Mandiri memiliki 5 dasar program utama untuk merealisasikan tujuan besar kemandirian yaitu pendidikan, pemberdayaan, kemanusiaan & bencana, program dakwah. Selain itu kami juga bekerjasama dengan PT Maybank Asset Management (Maybank AM) yang merupakan anak perusahaan dari Maybank Asset Management Group (MAMG) di bawah kelompok Maybank. Maybank Asset Management siap untuk menawarkan berbagai solusi investasi melalui eksistensi yang kuat di pasar-pasar utama ASEAN yaitu Malaysia, Indonesia, dan Singapura yang menggabungkan keahlian yang berfokus di Asia.

Sejak berdirinya, Maybank AM telah mengelola portofolio investasi untuk nasabah institusi dan perorangan melalui Reksa Dana dan Pengelolaan Dana Nasabah Secara Individual. Sebagai bentuk rasa peduli Maybank AM Bantuan Langsung dari Maybank AM kepada masyarakat Indonesia telah menyalurkan bantuan sosial senilai Rp1.000.000.000,- kepada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri. Untuk membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Serta cipta lapangan kerja terlebih lagi untuk masyarakat terdampak Covid-19. Semoga bantuan ini bermanfaat dan mampu meringankan beban masyarakat. Semoga amanah yang kami emban dapat memberi kebermanfaat untuk umat, dan doakan kami selalu ya sahabat agar semakin banyak program-program Yatim Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Terima kasih Maybank Asset Management.

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)