Aldiracita Sekuritas Jadi Underwriter Obligasi Rp18,2 Triliun Sepanjang 2022 | SWA.co.id

Aldiracita Sekuritas Jadi Underwriter Obligasi Rp18,2 Triliun Sepanjang 2022

Selama tahun 2022, PT Aldiracita Sekuritas Indonesia (Aldiracita Sekuritas) telah berhasil melakukan penjaminan emisi (underwriter) obligasi dan sukuk hampir senilai Rp 18,2 triliun dan meraih pangsa pasar sebesar 11,79 persen.

Dengan pencapaian itu, mengacu data Bloomberg (12/22), Aldiracita Sekuritas telah berhasil menempati peringkat ketiga sebagai underwriter obligasi dan sukuk dengan porsi penjaminan terbesar di Indonesia, meningkat drastis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya menempati peringkat ke-15.

"Pencapaian tersebut menempatkan Aldiracita Sekuritas sebagai peringkat ke-3 underwriter obligasi di tahun 2022," ujar Rudy Utomo, Direktur Utama PT Aldiracita Sekuritas Indonesia.

Rudy mengaku, Aldiracita Sekuritas  telah memiliki kinerja yang baik di tahun 2022. Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dalam membantu para pelaku industri dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas di pasar modal, salah satunya penjaminan emisi efek (underwriter).

Mengutip data Bursa Efek Indonesia, total emisi obligasi dan sukuk yang berhasil dicatatkan selama tahun 2022 adalah 117 emisi dari 73 emiten senilai Rp 147 triliun. Sementara per Maret 2023, total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat oleh BEI adalah 22 emisi dari 21 emiten senilai Rp27,46 triliun.

“Per tanggal 13 Maret 2023 Aldiracita Sekuritas Indonesia juga memiliki kinerja yang cukup baik. Kami menempati peringkat pertama underwriter obligasi dengan porsi penjaminan terbesar di Indonesia, total kami meraih pangsa pasar sebesar 13,73 persen untuk penjaminan obligasi, ” kata Rudy.

Rudy juga menambahkan dalam upaya mempertahankan posisi sebagai salah satu underwriter unggulan di Indonesia, PT Aldiracita Sekuritas Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dalam membantu para pelaku industri dalam melaksanakan kegiatan di pasar modal, salah satunya menerbitkan obligasi dan sukuk.

Sebagai perusahaan efek, Aldiracita Sekuritas akan terus berkontribusi dalam upaya meningkatkan Literasi dan Inklusi melalui aplikasi online trading milik perusahaan yang bernama Strive. Diharapkan, aplikasi ini mampu terus berperan dalam meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam melakukan investasi efek.

Perseroan didirikan sejak tahun 1990, sebagai Perantara Pedagang Efek dan Penjamin Emisi Efek dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) d.h. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK).

Aldiracita Sekuritas  memiliki anak perusahaan PT Surya Timur Alam Raya (STAR Asset Management) yang merupakan perusahaan manajer investasi. Perusahaa juga menyediakan layanan perantara perdagangan efek bersifat ekuitas dan efek bersifat utang, jasa penjamin emisi efek, jasa advisory membantu mempersiapkan dan menyelenggarakan Penawaran Umum dan terbatas serta corporate action lainnya, dan sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana.

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)