Asia Plast Kembangkan Pasar dan Inovasi Produk

PT Asia Plast Industries Tbk., produsen bahan baku plastik dan lembaran plastik, menerapkan sejumlah strategi untuk mengembangkan bisnisnya di tahun ini. Wilson A. Pranoto, Direktur Utama Asia Plast, dalam paparan publik yang disampaikannya ke Bursa Efek Indonesia, mengungkapkan strategi bisnis perusahaanya membangun segmen pasar premium di beberapa industri.

Untuk itu, perseroan melakukan lima strategi guna mengembangkan produk, layanan dan segmen pasarnya. Pertama, memberi solui unggul demi kepuasan pelanggan dalam membangun segmen pasar premium. Strategi kedua membangun imej merek (brand image) produk-produk yang pasarnya kuat di beberapa aplikasi industri.

Ketiga, menerapkan standar dan sistem manajemen operasional modern seperti ISO 9001, ISO 14001, GMP, HACCP untuk mencapai operasional perseroan yang paripurna. Keempat, konsisten melakukan inovasi dengan didukung tim R&D yang kuat serta berinvestasi untuk alat-alat laboratoriumnya. Pada 2013, Asia Plast membangun dan mengoperasikan gedung Training Center sebagai pusat pelatihan. "Strategi lainnya Melakukan diversifikasi produk untuk memperluas jaringan pasar baik di dalam maupun di luar negeri," kata Wilson.

Perseroan memproduksi flexible film & sheet yang banyak digunakan dalam skala sebagai perlengkapan kantor, kemasan, media promosi, lembaran plastik furnitur dan industri mebel.
Produk lainnya adalah leatherette yang diproduksi perseroan untuk dipasarkan ke industri otomotif sebagai pelapis ineterior kendaraan bermotor, semisal tempat duduk, plafon mobil, panel pintu, pelindung matahari, atau cover kemudi. Produk ini juga digunakan oleh industri tas, sepatu, mebel untuk perumahan dan tempat-tempat komersial. Salah satu brand produk Asia Plast untuk cover jok mobil adalah Akasa Possente. Asia Plast juga memproduksi rigid film & sheet. Produk ini banyak digunakan dalam industri kemasan, antara lain untuk kemasan produk-produk engineering material, elektronik,farmasi, makanan, alat tulis dan lembaran pelapis mebel.

Flexible Film & Sheet, Salah Satu Produk Asia Plast Yang Dipasarkan Ke Industri Otomotif. (Foto : Ist) Flexible Film & Sheet, Salah Satu Produk Asia Plast Yang Dipasarkan Ke Industri Otomotif. (Foto : Ist)

Asia Plast membukukan laba bersih sebesar Rp 2,6 miliar pada kuartal I 2015. Sedangkan pendapatannya tercatat sebanyak Rp 63,5 miliar. Pada tahun lalu, pendapatan perseroan naik menjadi Rp 294 miliar dari Rp 281 miliar di tahun 2013. Peningkatan pendapatannya itu menunjang laba bersihnya yang melejit senilai Rp 9,6 miliar dari Rp 1,8 miliar.

Sebelumnya, Asia Plast mengumumkan rencana untuk membeli kembali (buy back) 1,21% saham atau buyback tahap III sebanyak 18,08 juta lembar setara dengan Rp1,8 miliar.Manajemen Asiaplast Industries akan meminta persetujuan buyback saham melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 28 Mei 2015. Perusahaan menganggarkan dana buyback dari saldo laba.Saham hasil buyback akan disimpan sebagai treasury stocks. Bertindak selaku perantara pedagang efek adalah PT BCA Sekuritas.Saat ini, pemegang saham Asiaplast Industries terdiri dari PT Maco Amangraha 56,65%, Alexander Agung Pranoto 28,28%, dan publik menggenggam 15,07%. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)