Bank Mandiri Terbitkan Obligasi Berkelanjutan Rp 5 Triliun

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menerbitkan surat obligasi berkelanjutan I Tahap I dengan target indikatif Rp 5 triliun. Penerbitan obligasi ini akan dilakukan selama periode 2016-2018 dengan total Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Rp 14 triliun.

Obligasi berkelanjutan tersebut terbagi ke dalam tiga seri, yakni seri A dengan tenor 5 tahun, seri B dengan tenor 7 tahun, dan seri C dengan tenor 10 tahun. Kisaran kupon untuk seri A 7,75%-8.25%, seri B 8.15%-8.65%, dan seri C 8.40%-8.90%.

“Obligasi berkelanjutan ini merupakan bagian dari upaya diversifikasi dan perbaikan struktur pendanaan bank dalam jangka panjang,” kata Direktur Finance & Treasury Bank Mandiri, Pahala N Mansury kepada media, di Jakarta (24/8/2016).

FullSizeRender

Lebih lanjut, Pahala mengatakan sebagian dari hasil penerbitan tersebut akan digunakan untuk membiayai pembayaran obligasi subordinasi perseroan yang jatuh tempo tanggal 11 Desember 2016.

Selain itu, sebagian dana juga akan digunakan untuk ekspansi kredit di sektor perumahan dan infrastruktur. “Infrastuktur memiliki sifat tenor yang sangat baik sedangkan sektor perumahan merupakan sektor yang membutuhkan tenor jangka panjang,” kata Pahala.

Pendanaan lewat obligasi berkelanjutan ditargetkan akan memberikan kontribusi terhadap pendanaan whole sale dengan kisaran 0.5-0.7 persen. Hal ini terkait dengan target ratio whole sale Bank Mandiri yang mencapai 8 persen pada 2018-2019 mendatang.

“Saat ini 95 persen pendanaan perusahaan masih di dominasi dari retail funding atau pendanaan pihak ketiga, sisanya berasal dari whole sale funding termasuk obligasi,” kata Pahala.

Adapun terkait penawaran obligasi berkelanjutan I tahap I Bank Mandiri akan dimulai pada 24 Agustus hingga 7 September 2016. Penawaran umum akan mulai dilakukan pada 23 hingga 27 September 2016. Penjatahan akan dilakukan pada 28 September 2016. Mandiri telah menunjuk empat perusahaan penjamin emisi yakni Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Bahana Securities, dan Trimegah Sekuritas Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)