BBJ Targetkan 1,5 juta Lot Kontrak Multilateral

bbj-2016-img_20161221_112654

Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Stephanus Paulus Lumintang, mengatakan, tahun 2017 nanti pihaknya menargetkan transaksi 1,5 juta lot kontrak multilateral. Target tersebut sama dengan target tahun 2016.

Pada akhir 2015, BBJ menetapkan target kontrak multilateral tahun 2016 sebanyak 1,5 juta lot, tetapi hingga menjelang akhir Desember 2016 baru tercapai 67% dari target. “Ada beberapa faktor yang tidak tersentuh karena ada beberapa persetujuan yang baru kami dapatkan di dua bulan terakhir sehingga kami tidak punya cukup waktu untuk melemparnya ke pasar,” jelas Paulus.

BBJ mencatat volume transaksi kontrak multilateral periode Januari – November 2016 mengalami peningkatan sebesar 25,72% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2015. Untuk nilai transaksi multilateral meningkat 11,13% periode Januari – November dengan nilai Rp16 triliun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan baik transaksi multilateral maupun bilateral di BBJ cukup baik. Dampak yang paling signifikan khususnya di transaksi bilateral selama 2016 ini ada dua, pertama adalah Brexit dan kedua adalah pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Pemilihan Presdien AS pada November 2016 lalu memberi dampak cukup besar khususnya di nilai tukar US$. Efek signifikan dalam transaksi US$ terhadap Yuan untuk cross currency. Sementara indeks yang terpengaruh adalah indeks Jepang dan indeks Hong Kong, termasuk di Indonesia yang sedikit terpukul pada nilai tukar Rupiah.

Di tahun 2017 akan ada gejolak di Eropa, yaitu di Prancis dan Jerman, yang akan menyelenggarakan pemilihan Presiden, dan diperkirakan akan ada gejala untuk mengikuti jejak Inggris untuk keluar dari Uni Eropa. Maka dampaknya akan besar terhadap komoditi. “Saya perkirakan akan berdampak pada emas dan nilai tukar rupiah,” ujar Paulus. Untuk mencapai target 2017, BBJ akan lebih gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat semakin mengenal produk BBJ sebagai pilihan investasi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)