BCA Life Gencarkan Literasi Keuangan dan Asuransi Gen Z | SWA.co.id

BCA Life Gencarkan Literasi Keuangan dan Asuransi Gen Z

Sukawati Lubis, Direktur Kepatuhan BCA Life di kampus FEB Universitas Indonesia, Depok pada Senin, 30 Oktober 2023. (Foto : BCA Life).

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA), menjabarkan literasi keuangan dan asuransi bertajuk Beli Kopi atau Kejar Mimpi? kepada ratusan mahasiswa di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. BCA Life  Kegiatan literasi ini merupakan rangkaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna mendukung akselerasi tingkat inklusi keuangan yang ditargetkan mencapai angka 90% pada 2024.

Berdasarkan data OJK, perkembangan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan. Hal tersebut didukung dengan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68% dan indeks inklusi keuangan sebesar 85,10%.

Angka tersebut meningkat dibandingkan hasil SNLIK tahun 2019 yaitu indeks literasi keuangan sebesar 38,03%dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. Berbasis hal ini, BCA Life memaparkan materi seputar pengelolaan keuangan berdasarkan skala prioritas, persiapan dana darurat, keamanan keuangan dengan mengenal instrumen keuangan, dan pemahaman mengenai pentingnya memiliki perlindungan asuransi sebagai salah satu komponen dalam perencanaan keuangan, serta gambaran mengenai lanskap pekerjaan di bidang jasa keuangan khususnya asuransi jiwa.

Sukawati Lubis, Direktur Kepatuhan BCA Life, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen BCA Life untuk mendukung program OJK dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat. “Kami berharap melalui kegiatan ini para generasi muda dapat lebih aware mengenai bagaimana cara mengelola keuangan yang baik sejak dini dan memahami berbagai instrumen investasi keuangan sekaligus menyadari akan pentingnya memiliki asuransi sebagai proteksi keuangan di masa depan,” ujar Sukawati di Depok pada Senin (30/10/2023).

Maria Ulpah, Ketua Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengapresiasi inisiatif  BCA Life yang telah menggelar seminar edukasi dan literasi seputar keuangan kepada ratusan mahasiswa Universitas Indonesia. “Kami berharap bahwa melalui seminar ini, mahasiswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya perencanaan keuangan bagi generasi muda, sehingga mereka akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi berbagai situasi. Dengan begitu, generasi muda kita dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Maria.

BCA Life berkomitmen untuk mendukung OJK dalam mewujudkan masyarakat Indonesia agar memiliki indeks literasi keuangan yang tinggi (well literate) sehingga dapat memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai untuk mencapai kesejahteraan keuanganyang berkelanjutan.

BCA Life per Oktober tahun ini menggencarkan berbagai kegiatan edukasi maupun literasi keuangan dan asuransi, diantaranya melalui event promosi perusahaan baik dalam bentuk kegiatan olah raga bersama, pameran, pemeriksaan kesehatan gratis dan seminar offline maupun online, serta melalui konten-konten di media sosial resmi perusahaan seperti video di YouTube, Instagram, hingga artikel website. BCA Life berkomitmen untuk mendukung penuh program-program strategis yang dicanangkan oleh OJK dalam misi untuk mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)