BEI Luncurkan Produk dan Skema Baru Layanan Data

Pembukaan perdagangan BEI pada Senin, 4 Januari 2021. (Tangkapan Layar : Vicky Rachman/SWA)

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, baik dari segi jumlah investor, kapitalisasi pasar, serta jumlah pelanggan data. Berbagai pencapaian di sepanjang tahun 2020 juga telah diraih oleh BEI, salah satunya adalah peningkatan jumlah investor sebesar 56%. Kenaikan jumlah investor tersebut naik empat lipat lebih tinggi sejak empat tahun terakhir. Pencapaian tersebut tentunya menjadi angin segar dan bukti bahwa pasar modal Indonesia sedang menuju ke arah yang lebih baik.

Yulianto Aji Sadono, Sekretaris Perusahaan BEI, menyampaikan pencapaian tersebut ditopang keberadaan dan kelengkapan informasi yang dimiliki oleh BEI. Dalam upaya membantu investor maupun calon investor dalam mengambil keputusan investasi, BEI sebagai penyedia informasi terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan informasi pasar yang semakin meningkat.

Yulianto mengemukakan BEI mengawali tahun 2021 dan seiring dengan kebutuhan tersebut, telah meluncurkan produk baru, yaitu IDX Data Reference dan skema Non-Display Usage. “Peluncuran produk ini merupakan upaya BEI untuk mendukung pengembangan bisnis bagi perusahaan sekuritas, data vendor, financial analyst, perusahaan tercatat, manajer investasi, serta seluruh stakeholders di pasar modal. Selain itu, peluncuran produk tersebut diharapkan dapat menjawab kebutuhan layanan data yang semakin beragam, serta memberikan kemudahan akses data agar dapat dijangkau oleh seluruh pihak,” tutur Yulianto di Jakarta pada akhir pekan lalu.

BEI terus proaktif dalam menjawab kebutuhan dan permintaan pasar, salah satunya adalah penyediaan informasi laporan keuangan dan aksi korporasi yang kerap dibutuhkan dalam mendukung pengambilan keputusan investasi maupun perencanaan strategi perusahaan ke depan. Oleh karena itu, Yulianto mengatakan IDX Data Reference disediakan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan layanan data yang berkaitan dengan pendistribusian informasi perusahaan tercatat. “IDX Data Reference sangat sesuai digunakan oleh pelanggan data BEI dalam membantu menganalisis investasi, portofolio valuation, distribusi keterbukaan informasi, hingga risk management,” sebutnya.

Dengan berlangganan produk ini, maka pelanggan data BEI akan menerima layanan distribusi data secara system to system yang meliputi informasi financial statement, corporate action, laporan rutin, laporan keterbukaan informasi yang material, dan laporan suspensi atau unsuspensi perusahaan tercatat. IDX Data Reference memungkinkan pelanggan data BEI untuk memangkas banyak waktu dalam mendapatkan data lengkap, rinci serta termutakhir seluruh perusahaan tercatat di BEI yang dapat mendukung perusahaan dalam melakukan analisis dan membuat keputusan secara cepat.

Selanjutnya, skema baru juga telah diberlakukan oleh BEI yang sebelumnya hanya menyediakan layanan data kepada pelanggan pata BEI untuk tujuan menampilkan data BEI kepada publik (display). Skema baru tersebut adalah Non-Display Usage yang merupakan layanan data yang diberikan kepada pelanggan data BEI untuk keperluan penghitungan, proses dan analisa dalam perancangan produk jasa informasi ataupun penciptaan produk investasi, serta produk turunan.

Skema ini akan lebih spesifik menyediakan layanan data untuk pelanggan data BEI yang penggunaan datanya ditujukan untuk internal dan tidak untuk ditampilkan kepada publik secara luas maupun terbatas. Pelanggan data BEI dapat mengembangkan produk-produk investasi yang lebih beragam bagi para investor. Hal tersebut dapat meningkatkan minat investor untuk berinvestasi dan tentunya akan berdampak pada perkembangan pasar modal secara keseluruhan.

Saat ini, terdapat empat kategori tujuan penggunaan data pada skema Non-Display Usage, yaitu kategori 1 untuk kebutuhan algorithmic trading, kemudian kategori kedua untuk kebutuhan investment analysis, portofolio valuation, risk management, dan quantitative analysis. Kategori yang ketiga, untuk kebutuhan pembuatan data turunan (derived data), dan index creation serta kategori yang keempat layanan di luar cakupan kategori 1-3.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)