BEI Perbanyak Galeri Investasi di Pasar Tradisional

Kahitna pentas di Stock Sound, Bandung. (Foto : Vicky Rachman/SWA). 

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka Galeri Investasi di Pasar Tradisional Ujung Berung di Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat (30/4/2018).

Peresmian galeri itu  menambah jumlah Galeri Investasi di pasar tradisional menjadi tiga unit dari sebelumnya  dua unit yang berlokasi di Tasikmalaya dan Balikpapan. “Penambahan Galeri Investasi di Pasar Tradisional Ujung Berung merupakan upaya kami menambah jumlah investor saham dari berbagai kalangan, khususnya kalangan menengah bawah,” ujar Nicky Hogan, Direktur Pengembangan Bursa, di sela-sela acara Stock Sound di Universitas Widyatama, Bandung.

Nicky menyebutkan Galeri Investasi BEI itu bekerja sama dengan PT Philip Sekuritas Indonesia. “Kecamatan Ujung Berung terdapat 5 kelurahan dan salah satu wilayah yang populasinya padat penduduk,” tambah Nicky. Dia menyebutkan jumlah investor saham di Jawa Barat pada akhir Maret 2018 sebanyak 108 ribu investor, atau sekitar 15% dari jumlah total investor di Jawa Barat sebanyak 690 ribu investor.

Nicky Hogan. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

BEI pada 2018 menargetkan penambahan 35 ribu investor saham di Jawa Barat. Untuk menggenjot jumlah investor di provinsi ini, BEI menggelar acara Stock Sound yang menghadirkan Kahitna sebagai bintang tamu dalam konser musik di Univesitas Widyatama dan menggelar berbagai acara menjelang Stock Sound.

“Pra acara Stock Sound, kami mengadakan sekolah pasar modal sebanyak 8 kali pertemuan di Universitas Widyatama,” urai Nicky. Selanjutnya, BEI mengadakan investor gathering sebanyak tiga kali dan kampanye untuk promosi tiga kali di Car Free Day di Bandung. “Hasilnya, dari rangkaian itu terjaring sebanyak 389 investor ritel baru di pasar modal,” tuturnya.

Sebelumnya, BEI sepanjang pekan lalu meresmikan lima Galeri Investasi demi memperluas inklusi pasar modal kepda masyarakat. Lokasi di 5 Galeri Investasi BEI tersebut masing-masing berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Lampung dan di Universitas SABURAI Lampung pada Selasa, Universitas Dayanu Ikhsanuddin BauBau Sulawesi Tenggara, dan Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Medan. Satu galeri investasi lainnya adalah di Galeri Investasi Syariah di Universitas Islam Raden Rahmat, Malang pada Jumat pekan lalu.

Saat ini BEI telah memiliki 373 Galeri Investasi di seluruh Indonesia. BEI di tahun ini telah meresmikan 41 Galeri Investasi di kampus dari total 362 galeri di kampus. Juga,  mendirikan Galeri Investasi di luar kampus yang berjumlah 6 Galeri Investasi BEI Non Kampus, yaitu 3 Galeri Investasi BEI di pasar tradisional, 1 Galeri Investasi di Rumah Sakit, dan 1 Galeri Investasi di emiten.

Tujuan pendirian Galeri Investasi di luar kampus adalah untuk memperluas jangkauan dalam rangka edukasi kepada publik. Sehingga pembukaan Galeri Investasi BEI tidak hanya di perguruan tinggi namun juga di komunitas, institusi dan lembaga lainnya.

Data Transaksi Saham 

Rata-rata nilai transaksi saham harian di BEI selama periode 23 hingga 27 April 2018 mengalami kenaikan 30,75 persen menjadi Rp8,52 triliun dari Rp6,51 triliun pada periode pekan sebelumnya. Rata-rata volume transaksi saham harian di BEI sepekan terakhir juga meningkat 13,67 persen menjadi 9,85 miliar unit saham dari 8,66 miliar unit saham sepekan sebelumnya.

Rata-rata frekuensi transaksi saham harian di BEI sepekan terakhir juga meningkat 0,65 persen menjadi 399,77 ribu kali transaksi dari 397,17 ribu kali transaksi sepekan sebelumnya. Disisi lain, nilai kapitalisasi pasar BEI mengalami perubahan 6,77% menjadi Rp 6.588,52 triliun di posisi akhir pekan ini dari Rp 7.054,82 triliun pada posisi akhir pekan sebelumnya.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di penutupan akhir pekan ini ikut mengalami perubahan sebesar 6,6 persen menjadi 5.919,23 poin dari 6.337,69 poin pada akhir pekan sebelumnya. Investor asing banyak mengakumulasi jual bersih dengan nilai Rp 5,3 triliun, sehingga sepanjang tahun ini total nilai jual bersih investor asing sudah mencapai Rp 33,31 triliun.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)