BNI-AM Gandeng Dompet Dhuafa Kembangkan Produk Reksadana Baru

dompetdhuafa

Pesatnya perkembangan kelas menengah muslim Indonesia dalam dua tahun terakhir mendorong tingginya permintaan akan investasi yang lebih variatif tapi terjaga kemaslahatannya, bersih dari unsur riba dan gharar. Inilah yang ditangkap PT BNI Asset Management (BNI-AM) dengan mengembangkan produk investasi inovatif dengan menggandeng Dompet Dhuafa dengan melahirkan produk reksadana unggulan yang memberikan manfaat penyaluran wakaf dari pemegang unit penyertaan.

Bertempat di Hotel Grand Melia (9/6), Jakarta, BNI-AM menandatangani MoU dengan Dompet Dhuafa guna menandai pembentukan reksadana BNI-AM Dompen Dhuafa.

Dengan kerja sama ini, nantinya pemegang unit penyertaan reksadana BNI-AM Dana Dompet Dhuafa tidak hanya mendapatkan tingkat pertumbuhan nilai investasi yang relatif stabil dalam jangka panjang dengan hasil investasi yang bersih dari unsur riba’ dan gharar, tetapi juga dapat menyalurkan wakafnya melalui Dompet Dhuafa.

Saat ini BNI-AM sedang mengajukan reksa dana tersebut kepada OJK dan sekiranya proses berjalan sesuai rencana maka BNI-AM Dana Dompet Dhuafa akan mulai dapat ditawarkan pada akhir bulan ini.

Isbono M.I.Putro, Direktur BNI Asset Management, menuturkan, reksadana ini merupakan inovasi terbaru dari produk syariah yang menghadirkan wakaf sebagai fiturnya, sehingga nasabah selain berinvestasi bisa juga menyalurkan wakafnya. “Fitur wakaf ini menjadi produk pionir dari BNI-AM Dana Dompet Dhuafa,” imbuhnya.

Nasabah yang membeli reksa dana BNI-AM Dompet Dhuafa ini memiliki tiga pilihan jenis investasi yaitu Regular, Gold dan Platinum. Untuk Regular, pemegang unit penyertaan tidak mewakafkan pokok investasi maupun bagi hasil investasinya.

Lalu Gold, pemegang unit penyertaan menyalurkan Wakaf produktif melalui uang yang berasal dari 100 persen hasil investasi pada BNI-AM Dana Dompet Dhuafa kepada Dompet Dhuafa untuk kemudian diinvestasikan kembali pada BNI-AM Dana Dompet Dhuafa. Dalam hal ini Pemegang Unit Penyertaan masih berhak atas 100 persen pokok investasi.

Sedang Platinum, investor menyalurkan wakaf produktif melalui uang kepada Dompet Dhuafa, yang selanjutnya pada hari hursa yang sama atau selambat-lambatnya pada hari hursa berikutnya akan ditempatkan oleh Dompet Dhuafa pada BNI-AM Dana Dompet Dhuafa.

“Per Mei tahun ini dana kelolaan kami sudah mencapai Rp 14,7 triliun dan kami berkonsentrasi menciptakan produk inovatif. Produk yang kami luncurkan bersama Dompet Dhuafa ini merupakan rebranding dari produk BNI-AM Syariah yang sudah ada sejak 21 April 2004,” ujar Reita Farianti, Presiden Direktur BNI Asset Management.

Reksa dana ini mempunyai horizon investasi jangka panjang yang miliki kinerja produk sebesar 5,72% (YTDMei 2016), di atas performa industri Reksa Dana Pendapatan Syariah yang hanya sebesar 5,20%. Untuk menambah benefit untuk pemegang unit penyertaan, reksadana ini, Reita menyebut BNI-AM berencana untuk membagikan deviden bagi hasil setiap kuartal, dengan indikasi target bagi hasil sebesar 6 persen per tahun.

Ismail A. Said, Presiden Direktur Dompet Dhuafa Social Enterprise, menjelaskan, ini merupakan inovasi wakaf produktif dengan BNI-AM berperan sebagai manajer investasi pengelola reksadana syariah yang menawarkan kepada para investor untuk melakukan wakaf produktif melalui uang kepada Dompet Dhuafa selaku nazhir (pengelola wakaf).

“Ini merupakan produk pionir reksa dana dengan fitur wakaf, selain itu BNI-AM juga mewakafkan sepertiga dari manajemen fee yang diterima dari pengelolaan produk ini kepada Dompet Dhuafa,” imbuh Isbono.

Reksa dana BNI-AM Dana Dompet Dhuafa memberi para investor akses kepada portofolio investasi yang dikelola secara profesional, terdiversifikasi dalam bentuk pendapatan tetap, termasuk efek bersifat utang/investasi seperti obligasi syariah dan sukuk,serta instrumen pasar uang yang bersifat syariah.

Portofolio investasi tersebut tentunya akan lebih sulit dikelola jika investor mengelola sendiri dengan nilai investasi yang kecil. Dalam kondisi pasar normal, reksadana ini akan berinvestasi 80-98 persen di instrumen pendapatan tetap, 2-20 persen di instrumen pasar uang. BNI-AM Dana Dompet Dhuafa merupakan hasil kolaborasi erat antara BNI-AM dan Dompet Dhuafa, serta CIMB Niaga yang bertindak sebagai Bank Kustodian. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)