BNP Paribas Merilis Reksadana IDX30 Filantropi

BNP Paribas Investment Partners bermitra dengan Citi Indonesia merilis reksadana indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi

PT BNP Paribas Investment Partners bermitra dengan Citi Indonesia untuk merilis reksadana indeks baru BNP Paribas IDX30 Filantropi. Reksadana dengan tema social responsible investment (SRI) ini akan dijual ekslusif melalui Citi Indonesia. Rencananya, reksadana BNP Paribas IDX30 Filantropi akan dijual pada 1 Maret 2019.

Vivian Secakusuma, Presiden Direktur BNP Paribas IP, menyebutkan peluncuran reksadana indeks terbaru ini seiring dengan meningkatnya fokus perusahaan pada investasi dengan tema SRI di Indonesia. “Citi Indonesia telah menjadi mitra distribusi kami sejak tahun 2006 dan kami memiliki visi yang sama untuk menyediakan pilihan produk investasi yang transparan dan mudah dipahami sebagai solusi investasi yang cocok bagi investor pemula dan profesional di Indonesia,” ujar Vivian di sela-sela peluncuran BNP Paribas IDX30 Filantropi di Jakarta, Kamis (28/2/2019)

CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi, menambahkan, sebagai bank dengan skala global yang beroperasi di lebih dari 160 negara dan yuridiksi, Citi tidak hanya berkomitmen dalam menyediakan produk dan layanan dunia, tapi juga berkontribusi dan dampak positif bagi komunitas. “Oleh karena itu bersama BNP Paribas, kami sangat senang dapat berpartisipasi menjadi distributor ekslusif reksadana indeks yang memberikan dampat sosial dan ingin mengundang investor untuk berpartisipasi dalam berbagai program filantropi secara tidak langsung dengan berinvestasi di dalam produk ini,” ucap Batara.

Tema filantropi adalah perwujudan visi yang sejalan antara BNP Paribas dan Citi Indonesia untuk dapat berkontribusi kepada masyarakat. Tema ini juga selara dengan konsep investasi baru BNP Paribas dan Citi Indonesia yakni investing with an impact, dimana sejumlah tertentu dari dana kelolaan akan dialokasikan untuk tujuan sosial melalui program Peduli dan Berkarya (PEKA) yang dikelola Citi Indonesia.

Program PEKA ini berfokus pada tiga pilar, yaitu edukasi dan literasi keuangan, pemberdayaan generasi muda, dan pengusaha mikro. BNP Paribas IP dan Citi Indonesia akan bekerja sama dalam pemilihan yayasan yang beroperasi sesuai dengan pilar program tersebut dalam penyaluran dana sosial reksa dana ini. “Saya sangat senang bahwa BNP Paribas IP dan Citi Indonesia memiliki visi yang sama untuk memberikan solusi inovatif yang tidak hanya membantu dalam mencapai kebutuhan investasi investor, tetapi juga berkontribusi secara positif bagi kesejahteraan generasi yang mendatang,” kata  Vivian.

BNP Paribas IDX30 Filantropi adalah reksadana indeks saham yang mengikuti kinerja dan pergerakan Indeks IDX30. Pemilihan saham Indeks ditentukan oleh BEI, menggunakan parameter kuantitatif dan kualitatif, menggunakan metodologi ‘Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average’.

Adapun, Indeks IDX30 diluncurkan ulan April 2012 oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan terdiri dari 30 saham perusahaan publik yang merupakan konstituen dari Indeks LQ45. BNP Paribas IP dan Citi Indonesia memilih Indeks IDX30 karena tingkat likuiditasnya yang relatif tinggi dan nilai kapitalisasi pasarnya yang besar, yang berpotensi memberikan pengembalian jangka panjang dan berkelanjutan bagi investor.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)