Catur Sentosa Fokuskan Penjualan Melalui Mitra10

Perusahaan distribusi dan ritel material bahan bangunan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) optimis bahwa pasar renovasi dan properti secara jangka panjang masih akan dipandang sebagai industri yang berpeluang tumbuh. Pada tahun 2015, penjualan konsolidasi mencapai Rp 7,28 triliun atau mengalami pertumbuhan sebesar 2%, di mana kontribusi distribusi sebesar 70% dan ritel modern sebesar 30%. Untuk penjualan ritel modern tumbuh 13%, sedangkan segmen distribusi mengalami penurunan sebesar 2%.

catur sentosa adiprana

Dengan pertumbuhan CAGR ritel modern sebesar 23% selama 5 tahun, segmen ini menjadi fokus utama perusahaan dalam ekspansi agresifnya ke depan. Perusahaan pemilik gerai ritel modern, Mitra 10 ini  saat ini memiliki 21 gerai dan akan menambah 3 gerai lainnya pada tahun ini.

Corporate Secretary CSAP Idrus H. Widjajakusuma, mengatakan, perusahaan akan membangun tiga gerai Mitra10 di Serpong BSD, Bekasi, dan Lampung. “Gerai pertama di Bekasi akan dibuka pada bulan dengan luas bangunan 3.000 m2, di Lampung akan dibuka pada Agustus dengan luas 2.500 m2, dan yang ketiga di BSD Sinar Mas Land 7.000 m2 sekaligus akan jadi toko terbesar Mitra10,” ungkap Idrus usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan CSAP di Jakarta, (31/1).

“Perseroan sedang fokus pengembangan toko-toko baru dan yang existing dengan menambahkan produk yang menarik, remodeling, dan efisiensi inventory management agar lebih efisien, serta pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan dan sertifikasi,” tambah Idrus.

Penjualan pada segmen ritel modern pada periode 2015 memberikan kontribusi sebesar Rp 2,1 triliun atau 30% dari penjualan konsolidasi perusahaan, dan mengalami pertumbuhan sebesar 13% bila dibandingkan tahun 2014.

Sedangkan untuk segmen distribusi material bangunan memberi kontribusi sebesar Rp 5,1 triliun atau 70% dari total penjualan perusahaan. Pada segmen ini penjualan ditopang oleh pertumbuhan segmen consumer goods/FMCG yang tumbuh signifikan dengan kontribusi sebesar 17% dari penjualan konsolidasi perusahaan. “Pada periode 2015 terdapat penambahan principal baru sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan segmen mencapai 43%. Pada tahun mendatang kami akan menambah lagi principal baru yang memiliki brand yang kuat dan menambah area coverage distribusinya,” kata Idrus.

Adapun CSAP menargetkan pertumbuhan 18% di tahun 2016, yang disumbang dari segmen ritel modern sebesar 20% dan segmen distribusi sebesar 18%. “Kami memproyeksikan pada tahun 2020 perusahaan akan membuka lebih banyak toko hingga sebanyak 50 toko,” tutup Idrus. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)