Cerestar Incar Dana IPO Senilai Rp 315 Miliar

Direksi Cerestar Indonesia. (Foto : Istimewa)

PT Cerestar Indonesia Tbk, produsen tepung olahan gandum, membidik sebanyak-banyaknya Rp 315 miliar melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Saham tersebut ditawarkan dengan harga Rp 210 per saham. Adapun jumlah saham yang ditawarkan maksimal 1,5 miliar saham, atau 18,88% dari jumlah seluruh modal disetor perseroan setelah IPO.

Dana hasil IPO tersebut akan disuntikkan sebagai tambahan modal kepada dua anak perusahaan yaitu PT Harvestar Flour Mills (HFM) dan PT Agristar Grain Industry (AGY). Rincian penggunaan dana tersebut adalah 46,67% akan digunakan untuk pembelian mesin baru guna meningkatkan kapasitas produksi HFM sebesar 600 metrik ton/hari, 20% untuk membeli tanah di Kawasan Industri Gresik sebagai tambahan fasilitas penunjang HFM, dan 30% digunakan untuk membangun pembangunan fasilitas gudang dan pengepakan AGY yang berlokasi di Cilegon.

Setelah penawaran umum perdana saham terlaksana, perseroan mulai 2023 berencana membayarkan dividen kepada pemegang saham sebanyak-banyaknya sebesar 20% dari laba bersih tahun buku 2022. “Rencana ini akan dilaksanakan dengan tidak mengabaikan tingkat kesehatan keuangan perseroan, serta tanpa mengurangi hak dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk menentukan lain sesuai dengan anggaran dasar perseroan,” kata Indra Irawan, Direktur Utama Cerestar Indonesia pada keterangan tertulis di Jakarta, Senin (4/7/2022). Perseroan pada IPO ini telah menunjuk PT Semesta Indovest Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Cerestar Indonesia yang didirikan tanggal 10 Agustus 2020 merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kegiatan usaha produksi produk-produk tepung olahan gandum seperti tepung terigu untuk konsumsi (food & bakery ingredients) dan bahan baku pakan ternak (feed ingredients). Perseroan merupakan perusahaan induk yang memiliki dua perusahaan anak yaitu HFM dan AGY. Saat ini, perseroan melalui anak perusahaan memiliki total kapasitas produksi sebesar 1.600 metrik ton/hari dan memiliki lima brand produk tepung terigu, yaitu Bakerstar, Falcon, Seagull, Dragonfly dan Starfish.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)