Cetak Penjualan Rp2,49 Triliun, Arwana Citramulia Lanjutkan Ekspansi di 2021

PT Arwana Citramulia Tbk, manufaktur keramik berhasil membukukan laba bersih Rp323,01 miliar dari hasil penjualan yang mencapai Rp2,21 triliun untuk tahun buku 2020. Pencapaian laba bersih  ini melonjak 49,87% yoy, sementara penjualan naik 2,79%  yoy.

Hasil laba bersih ini dapat dicapai berkat margin yang meningkat dari 10,02% menjadi 14,6%, ditopang antara lain oleh pemakaian bahan baku dan energi yang lebih efisien, strategi product mix yang mampu memperbaiki harga jual rata-rata, peningkatan jumlah pelanggan, serta kebijakan penurunan harga gas bagi industri keramik dari pemerintah.

Per unit produksinya, pemakaian glaze tercatat turun 3,34%, pemakaian gas turun 6,45%. Sementara jumlah pelanggan pada tahun 2020 naik 10,84 % dibandingkan tahun 2019.  

Pada tahun buku 2020 juga,  Arwana Citramulia mencatatkan rekor volume penjualan bulanan tertinggi sepanjang sejarah perusahaan, yaitu bulan Oktober dengan hasil 5,56 juta meter persegi. Rekor-rekor penjualan bulanan lain juga mampu dicatat pada tahun itu.

Hasil-hasil tersebut sangat menggembirakan, karena justru bisa dicatat pada masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan di mana tingkat utilisasi industri keramik hanya mencapai 56 persen dari kapasitas produksi.

Sementara itu, dividen tunai Rp30  per lembar saham akan dibagikan dengan total nilai mencapai Rp217,67 miliar, atau sekitar 67%  dari total laba bersih yang diraih, sebagai wujud komitmen untuk memberikan imbal hasil yang baik atas investasi yang dipercayakan para pemegang saham.

Arwana Citramulia telah menyelesaikan pembangunan pabrik Plant 5B di Mojokerto, Jawa Timur. Pabrik baru dengan mesin-mesin canggih ini akan memproduksi lini produk baru glazed porcelain tile dengan kapasitas terpasang 3 juta meter persegi per tahun. Produk dari pabrik ini akan diluncurkan dengan brand baru “Arna”. Dengan kehadiran Plant 5B ini, untuk tahun 2021,  perseroan  menargetkan pertumbuhan volume penjualan sebesar 10% dan pertumbuhan laba bersih menjadi Rp420 miliar.

"Harapan saya selanjutnya bisa mencapai target pertumbuhan volume penjualan 10%, penjualan bersih Rp2,49 triliun, dan laba bersih Rp422 miliar atau bertumbuh 30,6% dari tahun lalu,” jelas Chief Financial Officer Arwana Citramulia, Ir. Rudy Sujanto, MBA dalam siaran pers (12/3/2021).

Jajaran direksi dan komisaris perusahaan meresmikan penyelesaian pabrik tersebut dengan seremoni penyalaan mesin kiln pada tanggal 22 Februari 2021, bertepatan  dengan hari ulang tahun ke-28 Arwana Citramulia. Sedangkan  Plant 4B di Ogan Ilir, Sumatera Selatan meski tahun lalu sudah beroperasi, peresmiannya baru dapat terlaksana Maret 2021  tahun ini karena pandemi.

“Kami juga berancang-ancang melanjutkan ekspansi. Pabrik baru rencananya akan dibangun dalam waktu dua tahun ke depan untuk meningkatkan total kapasitas terpasang perusahaan hingga mencapai 71 juta meter persegi per tahun,” ungkap Rudy.

www.swa.co.id       

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)