2014, Garuda Buka Rute Jakarta-Moskow

Tingginya potensi penumpang dari Rusia ke Indonesia membuat maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia pun membuka rute baru. Tahun 2014, rencananya maskapai BUMN ini akan membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Moskow.

Elisa Lumbantoruan, Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Garuda Indonesia, Tbk. (berbaju batik)

Kepada SWA Online, di sela-sela pertemuan informal pebisnis Rusia dengan Indonesia, di Jakarta, Kamis (6/12/2012) malam, Elisa Lumbantoruan, Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Garuda Indonesia, Tbk., mengatakan, "Tahun 2014, (Garuda) terbang langsung non- stop ke Rusia (Moskow)."

Dia menerangkan, sekarang ini, penerbangan dari Jakarta ke Rusia, tepatnya Moskow, dilakukan melalui kerja sama codeshare. Artinya, Garuda Indonesia bekerja sama dengan maskapai lain, yakni dengan Etihad Airways, untuk melayani penumpang di rute tersebut.  Kerja sama ini termasuk yang baru diresmikan oleh kedua maskapai. Tepatnya, kerja sama codeshare efektif berlaku sejak tanggal 28 Oktober lalu.

"Kalau sekarang sudah ada penerbangan ke Rusia, bentuknya codeshare dengan Etihad. Jadi, pesawat ke Abu Dhabi dengan Garuda, baru ke Moskow dengan Etihad," jelas Elisa.

Selain itu, ia menyebutkan, Garuda dijadwalkan akan masuk ke dalam SkyTeam pada tahun 2014. Dalam SkyTeam, maskapai asal Rusia, Aeroflot, sudah terdaftar sebagai anggota. Dengan begitu, penerbangan Garuda dengan Aeroflot pun akan terkoneksi.

Namun demikian, seiring dengan berkembangnya jumlah pengunjung dari Rusia ke Indonesia, Garuda Indonesia pun berminat membuka penerbangan langsung (non-stop) dari Jakarta ke Moscow. Ditargetkan, kata Elisa, rute ini akan mulai beroperasi di semester pertama tahun 2014. Ia pun menegaskan, operasional rute baru ini akan tergantung dari pengiriman pesawat. "Kita akan pakai mungkin Airbus 330-300 atau Boeing 777-300ER," lanjutnya.

Mengenai kapasitas penumpang, ia menyebutkan satu pesawat bisa mengangkut sebanyak 360 penumpang. Sementara itu, Elisa belum bisa menyebutkan kisaran harga tiket. Yang jelas, dia menuturkan, jarak tempuh rute ini sekitar 9-10 jam. Bisa beda 3-5 jam dengan rute melalui Abu Dhabi dengan Etihad. "Rencananya, kita terbang minimal 4 kali dalam seminggu," imbuhnya.

Dijelaskan Elisa, dibukanya rute ini karena potensi, khususnya turis, yang tinggi dari Rusia yang berkunjung ke Indonesia. Dia menyebutkan, seperti di Bali, setiap hari hampir ada penerbangan carter langsung dari Rusia. Berdasarkan data pemerintah, turis Rusia sudah berada di urutan ke 17 dengan jumlah wisatawan sekitar 86.000 pada tahun 2011.

Selain membuka rute ke Rusia, Garuda Indonesia pun dalam waktu dekat akan membuka penerbangan non-stop ke London dari Jakarta. Rencananya, rute ini akan dibuka bulan Oktober tahun depan. "Dengan Boeing 777-300ER," tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)