250 Perusahaan Siap Jalin Kemitraan Baru di APMCSIID

Sebanyak 250 pemimpin perusahaan siap menjalin kemitraan baru dan memperkuat hubungan kerjasama lama untuk mendorong program pembangunan infrastruktur dalam forum infrastruktur terbesar se-Asia Pasifik, Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition 2012 (IIICE’12). Forum empat hari ini memungkinkan para pembuat keputusan dari 32 pemerintah negara akan melakukan konsolidasi dalam berbagai kebijakan program.

Suryo B. Sulisto, Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) menjelaskan, forum ini digelar bersamaan dengan Asia Pacific Ministerial Conference on Sustainable and Inclusive Infrastructure Development 2012 (APMC-SIID 12) pada tanggal 2-5 Mei 2012 di Balai Sidang, Jakarta Convention Center (JCC).

Ia berharap, banyak hal positif yang bisa dirumuskan dalam forum besar ini. “Banyak kerja sama yang akan tercipta dalam forum ini, baik yang saat ini sedang berjalan maupun yang baru dijadwalkan untuk dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” katanya.

Seri pertemuan IIICE ini diadakan bersamaan dengan APMC-SIID setiap dua tahun sekali sebagai sebuah forum regional di mana pemerintah, investor, bankir, dan pelaku industri infrastruktur dari negara negara di kawasan Asia Pasifik akan hadir.

Dengan latar belakang peringkat negara Fitch dan Moody yang baru-baru ini meningkat ke investment grade bersamaan dengan disahkannya hukum pembebasan tanah oleh Dewan Perwakilan Rakyat, kami berharap IIICE’12 akan jauh lebih produktif, luas dalam skup dan menjadi event yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Hambatan-hambatan proyek infrastruktur nasional yang penting sekarang siap untuk dipresentasikan secara eksklusif dan menyeluruh pada forum tahun ini” ujar Alan Solowiejczyk, Presiden Direktur PT Infrastruktur Asia, Sekretariat Acara Resmi dan anggota panitia APMC-SIID & IIICE’12.

Tema IIICE'12 dan APMC-SIID'12 adalah Accelerating Regional Growth Through Increased Connectivity. Sejumlah proyek dari seluruh Indonesia dan kawasan Asia-Pacific akan dipresentasikan dan ditawarkan kepada sektor swasta.

Sementara itu, Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, APMC-SIID & IIICE’12 tidak hanya akan mendukung implementasi “Master Plan for Acceleration and Expansion of Indonesia Economic Development (MP3EI)” milik Indonesia, tapi juga akan memastikan program-program nasional kita akan dikoordinasikan dengan strategi Pan-Asia Pacific yang bertujuan merevitalisasi pertumbuhan regional.

IIICE'12 terselenggara atas kerja sama KADIN dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dipimpin oleh Kementrian Koordinator Perokonomian dan didukung oleh United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP). Anggota komite pengarah termasuk Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Badan Pertanahan Nasional, DPR RI dan DPRD. (Ario Fajar/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)