Accor Akuisisi Fairmont, Raffles & Swisshotel

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Grup Accor Hotel a tanggal 12 Juli 2016, resmi mengumumkan akuisisi FRHI Hotels & Resorts (FRHI) beserta tiga merek hotel mewah prestisius: Fairmont, Raffles dan Swissôtel. Tambahan ketiga merek ini menempatkan AccorHotels dalam daftar pemain hotel-hotel mewah global, meningkatkan potensi pertumbuhan dan pendapatan jangka panjang, dan secara signifikan memperbesar jaringan perusahaan di Amerika Utara yang merupakan pasar terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Hal tersebut disampaikan dalam siaran pers resminya yang dirilis pada 14 Juli 2016 lalu.

accor

Akuisisi dari ketiga merek hotel mewah ikonik ini merupakan tonggak bersejarah bagi AccorHotels. Langkah ini akan membuka prospek perkembangan yang luar biasa, memperkokoh keberadaan kami di pasar internasional dan memberi nilai tambah untuk jangka panjang,” kata Sébastien Bazin, Chairman and Chief Executive Officer of AccorHotels.

Portofolio hotel mewah yang kini masuk ke dalam jaringan global AccorHotels di antaranya merupakan hotel-hotel bersejarah dan ikonik yang berada di lokasi-lokasi strategis yang tersebar di seluruh dunia, antara lain The Savoy di London, Raffles Singapore, Fairmont San Francisco, The Plaza New York, Fairmont Le Château Frontenac di Quebec, dan Le Royal Monceau Raffles Paris.

Dengan pengalaman dan keahlian FRHI dalam mengoperasikan dan memasarkan hotel-hotel mewah dengan landasan operasional global yang kuat, basis pelanggan loyal yang ekstensif serta kepemimpinan digital industri perhotelan yang dimiliki AccorHotels menjadikan grup ini memiliki potensi besar di seluruh segmen pasar perhotelan.

Sebagai bagian dari proses akuisisi dan strategi besar AccorHotels untuk memperkokoh pasar di sektor luxury danupscale, perusahaan tersebut juga mengangkat Chris Cahill sebagai Chief Executive Officer, Luxury Brands, AccorHotels. Dalam peran yang baru dibentuk ini, Chris, yang akan menjadi anggota Komite Eksekutif AccorHotels, akan memimpin proses integrasi FRHI dan bertanggung jawab atas operasional AccorHotels Luxury Brands di seluruh dunia yang mencakup Raffles, Fairmont, Sofitel Legend, So Sofitel, Sofitel, MGallery by Sofitel, Pullman dan Swissôtel.

Chris adalah eksekutif perhotelan dengan pengalaman memimpin beberapa proses integrasi yang sukses, familiar dengan manajemen multi-brand dan memiliki latar belakang pengalaman di departemen operasional, penjualan dan pemasaran. Dengan pengalaman selama lebih dari 30 tahun di industri perhotelan, termasuk 19 tahun di FRHI dan perusahaan pendahulunya, Chris merupakan sosok ideal untuk memimpin integrasi merek-merek Fairmont, Raffles dan Swissôtel ke dalam portofolio AccorHotels dan akan memastikan pertumbuhan serta kesuksesan seluruh merek hotel-hotel mewah AccorHotels. Sebelumnya dia menjabat sebagai Executive Vice President Global Operations di Las Vegas Sands Corp.

Sesuai persetujuan dari para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham, transaksi dengan Qatar Investment Authority (QIA) dan Kingdom Holding Company (KHC) of Saudi Arabia, telah disediakan dana sebanyak €768 juta tunai dan penerbitan 46,7 juta saham AccorHotels sebagai kontribusi saham FRHI. Transaksi tersebut menjadikan QIA dan KHC masing-masing memiliki kepemilikan saham 10,4% dan 5,8% kapital saham Accor. Ali Bouzarif dan Aziz Aluthman Fakhroo dari QIA serta Sarmad Zok dari KHC juga kini bergabung ke dalam jajaran direksi AccorHotels.

AccorHotels berencana untuk menghasilkan sekitar €65 juta pendapatan dan sinergi pembiayaan yang dapat terjadi berkat kombinasi merek-merek, memaksimalkan laba masing-masing hotel, meningkatkan inisiatif efisiensi kanal pemasaran, penjualan dan distribusi dan optimalisasi biaya pendukung.

Peningkatan signifikan juga akan dilakukan dalam hal data pelanggan berkat integrasi basis pelanggan FRHI yang mencapai tiga juta anggota program loyalitas dimana 75% diantaranya berada di Amerika Utara. Sebagian besar dari 154 hotel dan resorFairmont, Raffles dan Swissôtel (40 diantaranya sedang dalam tahap pengembangan) dengan 56.000 kamar yang tersebar di 34 negara dan lima benuaberoperasi berdasarkan kontrak pengelolaan jangka panjang, dengan rentang waktu rata-rata hampir 30 tahun; enam hotel atas dasar perjanjian sewa dan satu hotel milik perusahaan. Hotel-hotel Fairmont, Raffles dan Swissôtel menyerap lebih dari 45.000 karyawan di seluruh dunia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)