Accor dan Garuda Siap Tingkatkan Industri Wisata

Ingin terus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para pelanggannya, mendororong Accor dan Garuda Indonesia kembali melanjutkan program kemitraan global. Program yang sebelumnya sudah diresmikan pada tahun 2012 lalu ini dituangkan dalam nota kesepahaman baru (MoU) yang ditandatangani oleh M. Arif Wibowo selaku Direktur Utama Garuda Indonesia dan Gerard Guillouet, Chief Operating Officer (COO) Accor untuk Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Acara yang berlangsung pada 7 April 2015 di Hotel Pullman Jakarta ini juga dihadiri oleh Director of Operation Garuda Indonesia, Kapten Novianto Herupratomo.

Foto 3

Pada kerja sama ini, kedua perusahaan baik Garuda maupun Accor memiliki visi untuk dapat meningkatkan industri pariwisata di Indonesia. Menurut M. Arif Wibowo, Garuda Indonesia memiliki kesempatan yang sangat baik bisa bekerja sama dengan Accor. “Melalui kemitraan ini kami ingin menonjolkan budaya-budaya di Indonesia dengan tetap mengedepankan kepuasan pelanggan,” tambahnya. Pendapat tersebut didukung oleh Gerard, yang mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi dan hotel menjadi salah satu kebutuhan bagi para wisatawan ketika melakukan perjalanan wisata. Sehingga fasilitas yang baik harus diberikan kepada wisatawan.

Berbagai kenyamanan dan kemudahan diberikan oleh kedua perusahaan tersebut, seperti akomodasi hotel dengan best services untuk para tamu hotel, Garuda crew dan penumpang. Selain itu para pelanggan kedua perusahaan juga memberikan penawaran harga khusus di hotel-hotel Accor dengan boarding pass Garuda melalui program Boarding Pass True Value (BPTV), program potongan harga sebesar minimum 10 persen untuk program khusus Accor melalui reservasi online, program Garuda “Miles Redemption” dan “Earning Mileage” untuk pemesanan di Accor Hotel. Tidak hanya itu, dalam kerjasama ini juga akan dilaksanakan program CSR dan promosi bersama di situs kedua perusahaan serta distribution channel.

Program kemitraan ini tidak akan berhasil tanpa sebuah strategi yang dipersiapkan dengan baik. Kedua perusahaan menerapakan dan mengutamakan mindset “Working Together” sebagai partnership strategy. Bukan hanya terbatas pada hasil berupa nilai material tetapi juga layanan kepada pelanggan, itulah yang menjadi kunci keberhasilan kerjasama ini. Dalam perjalanannya, kerjasama ini mampu meningkatkan keuntungan dari kedua pihak. Sejak tahun 2012, Garuda Indonesia memperoleh keuntungan sebesar US$ 10 dan okupansi yang meningkat dialami oleh Accor.

Pencapaian tersebut menjadi acuan bagi keduanya untuk melanjutkan kemitraan strategis. Accor akan terus berupaya mencapai kepuasan pelanggan dalam situasi pasar kompetitif saat ini, dengan memberikan nilai tambah bagi para pelanggan setia mereka untuk terbang bersama Maskapai Bintang Lima, Garuda Indonesia ke lebih dari 76 destinasi di seluruh Indonesia dan tinggal di hotel-hotel Accor. Senada dengan Accor, Garuda Indonesia akan terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan mengukuhkan reputasi sebagai “global player”. “Kami juga berharap kedepannya dapat menjadi global brand seperti Accor dengan target pencapaian profit 10-12 persen di semua lini bisnis Garuda Indonesia,” kata Arif. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)