Aktif Sponsori Event, Penjualan Delta Djakarta Tembus Rp2 Triliun

Ekspansi yang dilakukan PT Delta Djakarta Tbk. sejak tahun 2012 - 2013 mulai membuahkan hasil, karena volume penjualan tumbuh 14%. Hal ini didukung oleh program-program pendongkrak penjualan dan aktivasi merek yang mendorong loyalitas dan kesadaran konsumen terhadap merek-merek produsen minuman berakohol itu.

Ronny Titiheruw, Direktur Marketing PT Delta Djakarta Tbk, mengatakan usai RUPS di Jakarta, “Di tengah-tengah tantangan ekonomi, kenaikan upah minimum, kenaikan biaya-biaya pokok, kami bisa melihat industri bir itu bisa tumbuh secara kondusif."

DeltaJakarta

Menurutnya, merek Anker terus menunjukkan kinerja yang semakin kuat. “Untuk  Anker merupakan merek kami yang paling besar, dengan pangsa pasar sekitar 13% di pasar minuman keras,” tegas Ronny. Aktivitas-aktivitas pendongkrak penjualan yang telah berjalan, aktivasi on promise, sponsorship untuk event-event utama dan promosi memberikan sumbangsih terhadap kesuksesan Anker dalam memperkuat citra dan meningkatkan loyalitas mereknya.

Lalu, pada merek-merek premium seperti San Miguel, San Mig Light, dan Carlsberg,  Delta Djakarta mencatatkan pertumbuhan sebesar 25%.

Guna mempertahankan visibilitas merek di pasar, perusahaan mengadakan serangkaian event high profile dan event – event out door berbasis kelompok, dan juga Indonesia Masters Golf Tournament, dimana merek San Miguel kembali meneruskan jalinan kemitraannya pada turnamen golf tahunan tersebut.

Dengan menjadi sponsor utama di berbagai event tersebut, pendapatan Delta Djakarta mengalami peningkatan  tahun 2013, yaitu sebesar Rp 2 triliun, naik 16% dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan pendapatan tersebut terutama berasal dari kenaikan 14% atas volume penjualan konsolidasi. Perseroan juga memperoleh manfaat dari kenaikan harga yang mulai diimplementasikan pada kuartal kedua tahun 2012, yang menghasilkan penjualan bersih sebesar Rp 867 miliar, naik 20% dibanding tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, laba usaha PT Delta Djakarta juga meningkat  19% menjadi Rp 336 miliar. Lalu, laba bersih konsolidasi yang diatribusikan ke pemegang saham perusahaan mencapai Rp 264 miliar, atau naik 27% dari periode yang sama tahun sebelumnya, sehingga meningkatkan laba per lembar saham menjadi Rp 16.515 di tahun 2013, unggul jauh dari harga tahun sebelumnya yang menyentuh Rp 12.997 per lembar saham.

Pada tahun 2014 ini, Dewan Direksi PT Delta Djakarta merekomendasikan dividen tunai sebesar Rp 12.000 per saham (dividen regular sebesar Rp 1.500 per saham dan tambahan satu kali dividen tunai khusus Rp 10.500 per saham) dengan total keseluruhan Rp 192 miliar, dibagikan dari laba bersih perusahaan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2013. Nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan pembagian dividen tunai tahun 2012.

Direktur keuangan Alan V. Fernandez mengatakan, perusahaan menargetkan provit mengalami peningkatan sebesar 10 sampai 15% pada tahun 2014. Lalu, strategi promosi yang akan dilakukan pada tahun 2014 adalah menjadi sponsorship event-event seperti musik dan olahraga, serta memanfaatkan pertumbuhan ekonomi dan juga meningkatkan penjualan di daerah-daerah, baik yang sudah dikuasai maupun yang belum digarap secara maksimal.

Sedangkan pada target penjualan masing-masing brand dan estimasi pertumbuhan pada kuartal kedua 2014,  Delta Jakarta menargetkan pertumbuhan 9 - 10%.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)