Akuisisi 2 Rumah Sakit, Siloam Gelontorkan Rp 182 Miliar

PT Siloam International Hospitals Tbk semakin agresif dengan mengakuisisi Rumah Sakit Umum Sentosa di Bekasi dan Rumah Sakit Grha Ultima Medika di Mataram. Perusahaan yang terafiliasi dengan Grup Lippo itu akan menguasai kepemilikan 100% atas keduanya. Nilai akuisisi Sentosa mencapai Rp 26,5 miliar sedangkan Grha Ultima Medika Rp 155 miliar.

Berlokasi di koridor Timur Jakarta, Sentosa berkapasitas 50 tempat tidur dengan luas bangunan 2.911 m2 dan tanah seluas 1.879 m2. Ke depan, Siloam berencana meningkatkan kapasitas tempat tidur dan mendaftarkan Sentosa untuk melayani pasien BPJS Kesehatan.

Romeo Fernandez Lledo, Presdir PT Siloam International Hospitals Tbk Romeo Fernandez Lledo, Presdir PT Siloam International Hospitals Tbk

Transaksi Sentosa juga melibatkan akuisisi Klinik Chandra Sentosa yang dimiliki dan dioperasikan oleh Sentosa. Klinik tersebut terletak kurang lebih 300 meter dari Sentosa, melayani 5.700 pasien BPJS terdaftar. "Akuuisisi ini akan berkontribusi langsung pada pendapatan operasional kotor perusahaan mulai tahun ini," kata Romeo Lledo, Presiden Direktur Siloam dalam keterbukaan infomasi.

Berlokasi di Kota Mataram, Grha Ultima Medika memiliki kapasitas 70 tempat tidur. Mataram dekat dengan pusat turis di Pantai Sengigi, sekitar 18 km di utara Mataram. Rumah sakit ini beroperasi di bangunan seluas 7.725 m2 dan tanah seluas 11.596 m2.

Siloam juga berencana mengembangkan kapasitas dan mendaftarkan Grha Ultima Medika untuk melayani pasien BPJS Kesehatan dan mendirikan Departemen Gawat Darurat dengan fokus pada pasien internasional menggunakan model yang sama dengan rumah sakit Siloam di Bali.

"Rumah sakit tambahan ini ada di pasar utama, konsisten dengan strategi Siloam untuk membangun kehadirannya lebih lanjut di kota besar dan menengah di Indonesia sambil menyediakan berbagai layanan yang diperlukan oleh pasar Indonesia yang tengah berkembang," kata dia.

Siloam adalah salah satu anak perusahaan PT Lippo Karawaci Tbk dan kini telah mengelola 23 rumah sakit dan 16 klinik yang tersebar di 17 kota di seluruh Indonesia. Siloam memiliki 5.100 kapasitas tempat tidur serta didukung lebih dari 2.200 spesialis dan dokter umum serta lebih dari 8.500 perawat dan staf pendukung.

Emiten dengan sandi SILO ini juga menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang mendapat akreditasi dari JCI dan beberapa kali mendapatkan pengharaan dari Frost & Sullivan untuk Indonesia Healthcare Service Provider of the Year. Siloam memiliki kapitalisasi pasar Rp 15 triliun per 13 Januari 2017.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)