Akuisisi AIA Gagal, Prudential Didenda Ratusan Miliar

Perusahaan asuransi raksasa Prudential diganjar denda 30 juta poundsterling atau sekitar Rp 441 miliar oleh Otoritas Jasa Keuangan Inggris (Financial Services Authority/FSA). Denda ini terkait penawaran pembelian AIA, anak usaha perusahaan asuransi AS, AIG.

Prudential dianggap tidak transparan terkait rencana pembelian AIA. Dalam pernyataannya, FSA juga mengecam Tidjane Thiam, Kepala eksekutif Prudential.

FSA merasa perlu waktu lebih lama untuk menyimpulkan apakah kesepakatan pembelian tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku. Akhirnya usulan menjual saham Prudential sebesar 14,5 miliar poundsterling untuk mendanai pembelian dianggap akan secara signifikan mengubah profil risiko perusahaan.

“Kesepakatan itu memiliki potensi untuk mengganggu stabilitas dan keyakinan pada sistem keuangan di Inggris dan luar negeri,” ujar pernyataan FSA, Kamis (28/3).

Rencana Prudential membeli AIA pada akhirnya gagal setelah mendapat tentangan dari para pemegang saham dengan alasan harga yang ditawarkan terlalu tinggi.

Tidjane Thiam sendiri berargumentasi bahwa kesepakatan ini tidak akan sia-sia karena bisa menggandakan pasar Prudential di Asia. Tetapi dia gagal untuk meyakinkan AIG selaku induk perusahaan AIA untuk menerima tawaran yang lebih rendah.

Dalam sebuah pernyataan, direktur Prudential Paul Manduca menyatakan akan mencermati isu ini, dan menjamin hubungan perusahaan itu dengan FSA tetap baik. “Tindakan Tidjane setiap waktu adalah demi kepentingan perusahaan dan sepenuhnya atas sepengetahuan dan otoritas dari jajaran manajemen,” jelasnya. (BBC)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)