Alibaba Buyback Sahamnya di Yahoo!

Provider e-commerce terbesar di Cina, Alibaba, akhirnya telah mencapai kesepakatan pembelian sahamnya kembali (buyback) sebesar 20% di Yahoo! dengan nilai US$ 7,1 miliar (sekitar Rp 65 triliun).

Yahoo! akan menerima dana tunai US$ 6,3 miliar dan US$ 800 juta dalam bentuk saham baru Alibaba. Dengan pembelian tersebut, saham Yahoo! di Alibaba tinggal 20% lagi, dari sebelumnya 40%.

Aksi buyback tersebut sebagai bagian persiapan Alibaba untuk mengejar penawaran umum perdana (intial public offering/IPO) dalam 18 bulan ke depan.

Pejabat sementara Chief Executive Officer (CEO) Yahoo! Ross Levinsohn mengatakan, perjanjian tersebut memberikan kejelasan bagi para pemegang saham dan menunjukkan kemampuan perusahaan dalam membayar dividen.

“Kami berharap dapat melakukan kerja sama lanjutan dengan Alibaba untuk mencari peluang bersama guna pertumbuhan dan keuntungan masa depan kedua perusahaan,” ujar pihak Yahoo! dalam pernyataan resmi dikutip AFP.

Sementara itu, Chief Financial Officer (CFO) Yahoo!, Timothy R Morse, berharap kesepakatan tersebut dapat memberikan hasil transaksi jangka pendek kepada para pemegang saham.

Sejumlah analis menilai penjualan aset tersebut akan memudahkan investor memberikan nilai terhadap inti operasional Yahoo! di AS. Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir Alibaba berulang kali berniat membeli sahamnya dari Yahoo! namun selalu ditolak. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)