Alive! Indonesia Rayakan Ultah Ke-5

Merayakan hari jadinya yang ke-5, Alive! Indonesia menggelar acara sharing dengan tema "The Next Small Things" di Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta Selatan. "The Next Small Thinga" merupakan ajang sharing tentang sesuatu yang kecil namun memiliki efek yang besar. Hadir sebagai pembicara yaitu Muhammad Faisal (faunder Youth Lab), Nadiem Makarim (founder Go-Jek), Patti Perkasa (Program Director Jak-FM), Djito Kasilo (founder marimenyanyi.com), Sir dendy (artis, musisi, usahawan furnitur, pelukis, story teller) dan Irfan Junaidi (jurnalis senior Republika).

Muhammad Faisal berbagi ceritanya di Youth Lab, sebuah lembaga riset yang meriset semua perilaku anak muda. "Ketika kami mulai riset kami menghadapi masalah. Klien tidak menanyakan perilaku anak muda, industri hanya menanyakan siapa bintang yang digemari anak muda, siapa ikon anak-anak muda. Antara riset yang dilakukan youthlab dengan keinginan industri marketing ada gap yang besar,” tuturnya.

Padahal, di Youth Lab dia menemukan bahwa anak muda tidak percaya pada dunia yang besar, mereka lebih percaya teman mereka. “Dulu kami memimpikan mendapat big client, big project, saat ini kami hanya mencari small klien yang berani mengejar perubahan, small project yang membuat perubahan,” tambah Faisal.

Sementara itu, perubahan kecil yang berdampak besar dilakukan oleh Nadiem Makarim founder Go-Jek. Dia mendirikan lembaga yang merupakan solusi kecil untuk mengatasi masalah Jakarta yang besar yaitu kemacetan. “Saya merangkul tukang ojek, kemudian memberinya branding seperti perusahaan taksi Blue Bird. Pemesanan ojek bisa melalui Twitter. Ojek tersebut memakai sistem argo dengan menghitung kilometer,” ujar Nadiem.

Go-Jek memiliki 450 driver di seluruh Jakarta, dan 15 pegawai. Dalam waktu 15 menit dari pemesanan, driver Go-Jek sudah akan datang untuk mengantar klien ke tempat tujuan. Di Jakarta, kliennya sudah mencapai 6.000 orang. “Sosiali kami lewat media sosial. orang bilang marketing yg hebat adalah bilboard dll, tapi ternyata the power of tweeter luar biasa,” tambah Nadiem.

Salah satu founder Alive! Indonesia, Ahmad Aditya, mengatakan “The Next Small Thing” adalah bentuk interpretasi untuk perusahaan sharing pengalaman bisnisnya. Alive sendiri dimulai dari 3 orang, sekarang 34 orang.

Di tahun 2009, Alive! Indonesia menyabet 5 penghargaan bergengsi di The Most Impactful Brand Acivation Award yang diselenggarakan majalah MIX Marketing melalui project Honda Tiger Wing Day dan Djarum Black Car Community.

Kontribusi kegiatan aktivasi merek yang dilakukan Alive! Indonesia terhadap Djarum Black juga turut mengantar brand tersebut meraih penghargaan New Wave Marketing Award dari Markplus Inc. Tahun 2010, Alive! Indonesia akhirnya mendapatkan penghargaan lagi sebagai Rising Star Agency 2010 dari majalah MIX Marketing. (Lila Intana/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)