Anak Usaha ABM Teken Kontrak US$ 209 Juta dengan Rinjani

PT Cipta Kridatama (CK), salah satu anak usaha PT ABM Investama Tbk, yang bergerak dalam jasa kontraktor pertambangan, menandatangani kontrak baru sebesar US$ 209 juta dengan PT Rinjani Kartanegara (Rinjani). Kerjasama tersebut meliputi pembersihan lahan (land clearing), pengupasan lahan (overburden removal), penyewaan alat berat dan lain-lain di area konsesi yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur.

Proyek itu akan dimulai pada pertengahan bulan Mei 2012 dan akan berlaku untuk 5 tahun ke depan. Rinjani merupakan perusahaan swasta yang memiliki Ijin Usaha Pertambangan (IUP) secara sah untuk area sebesar 1.933 hektar di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

"Ini adalah kontrak kedua kami dengan Rinjani. Kontrak ini sejalan dengan fokus kami di tahun 2012 yaitu untuk mendapatkan kontrak jangka panjang minimal lima tahun dan memastikan keberlangsungan dan tindak lanjut dari program operational excellence bagi klien-klien kami," ungkap Boedi Santoso, Presiden Direktur PT Cipta Kridatama.

Boedi mengatakan, pihaknya saat ini menerapkan sistem pengawasan produksi dan perencanaan terintegrasi untuk memantau dan meninjau pengoperasian pada setiap lokasi proyek melalui program 'Project Calculator' sebagai bagian dari sistem manajemen operasi internal yang dinamakan 'CSIS' (Cipta Kridatama Service Information System). Melalui sistem yang terintegrasi ini, CK dapat memantau proses bisnis dan unjuk kerja perusahaan di berbagai lokasi proyek secara 'real time'.

Selain itu, teknologi tersebut memungkinkan perusahaan mendiagnosa permasalahan yang terjadi dalam proses produksi secara online, sehingga jika diidentifikasi ada anomali atas proses produksi, maka solusi atas permasalahan yang timbul dapat segera diantisipasi.

Sementara itu, Andi Djajanegara, Presiden Direktur PT ABM Investama Tbk. menambahkan, sebagai perusahaan induk, selain mengoptimalkan sinergi antara anak-anak usaha, ABM berupaya memperkuat daya saing tiap-tiap anak usaha. Tahun ini ABM mengalokasikan US$ 119 juta sebagai belanja modal CK untuk memastikan perusahaan mendapatkan dukungan yang diperlukan dalam mengembangkan usaha dan mencapai target yang direncanakan.

Pada tahun 2011, CK memberikan kontribusi sebesar 44,6% dari total Pendapatan ABM sebesar Rp 6,626 triliun. Bila dibandingkan dengan tahun 2010, CK mengalami peningkatan sumbangan Pendapatan konsolidasi 45,6% dengan kontribusi sebesar Rp 2,961 triliun dimana tahun sebelumnya menyumbang Rp 2,034 triliun.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)