Aneka Gas Industri Emisi Obligasi dan Sukuk Ijarah Rp 500 Miliar

PT Aneka Gas Industri (AGI) berencana menerbitkan kembali obligasi dan sukuk ijarah dengan jumlah total emisi sebanyak-banyaknya sebesar Rp 500 miliar dengan bunga/cicilan imbalan ijarah tetap, yaitu Obligasi Aneka Gas Industri II Tahun 2012 dengan nilai Pokok Obligasi sebanyak-banyaknya sebesar Rp 200 miliar dan Sukuk Ijarah Aneka Gas Industri II Tahun 2012 dengan sisa imbalan ijarah sebanyak-banyaknya Rp 300 miliar.

Masing-masing emisi tersebut memiliki jangka waktu 5 tahun dengan harga penawaran sebesar 100% dan telah mendapat peringkat (rating) A-(idn) (single A minus) dan stable outlook dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Obligasi Aneka Gas Industri I Tahun 2008 dengan sisa imbalan Rp 80 miliar dan tingkat bunga tetap sebesar 14,5% per tahun yang dibayarkan setiap triwulan (3 bulan).

“Sukuk Ijarah Aneka Gas Industri I Tahun 2008 dengan sisa imbalan sebesar Rp 160 miliar dengan cicilan imbalan ijarah Rp 36,25 juta per Rp 1  miliar dari sisa imbalan Ijarah yang dibayarkan setiap triwulan,” kata Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri, Heyzer Harsono.

Seluruh dana yang diperoleh dari penawaran umum obligasi dan sukuk ijarah ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan dipergunakan perseroan untuk investasi, pelunasan sebagian obligasi Aneka Gas Industri I Tahun 2008 dan pelunasan sebagian Sukuk Ijarah Aneka Gas Industri I Tahun 2008 yang akan jatuh tempo pada tanggal 8 Juli 2013, penurunan plafon pinjaman KMK, dan modal kerja.

Perseroan bergerak di bidang industri gas tertentu dalam bentuk gas, cair ataupun padat, antara lain Oxygen (O2), Nitrogen (N2), Argon (Ar), Acetylene (C2H2), Carbon Dioxide (CO2), Nitrous Oxide (N2O) dan Air Synthetic (udara tekan). Selain itu,  mendesain kontruksi dan instalasi peralatan gas pada pabrik pelanggan dan rumah sakit serta memperdagangkan produk gas dari produsen lain kepada pelanggan.

Perseroan memiliki 2 entitas anak yaitu PT Samator Gas Industri dan PT Ruci Gas (d/h PT Raja Prima Syngas) serta 2 afiliasi melalui PT Samator Gas Industri, yaitu dan PT Samabayu Mandala dan PT Samator Land. Perseroan dan anak usaha memiliki 24 pabrik yang tersebar di wilayah Jakarta, Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, AGI dan anak-anak juga memiliki 33 stasiun pengisian (filling station) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)