AXA Luncurkan Asuransi Kesehatan Global

Kebutuhan perawatan medis ke luar negeri terus meningkat. Sementara asuransi kesehatan di negeri ini umumnya belum menjangkau perlindungan di seluruh dunia. PT AXA Mandiri Financial Services jeli melihat peluang ini dengan meluncurkan produk terbarunya yaitu Asuransi Mandiri Kesehatan Global.

Sebuah riset yang dilakukan Associate of the Indonesia Tours and Travel menemukan bahwa sekitar 1,5 juta orang Indonesia berpergian ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan kesehatan, terutama ke Malaysia dan Singapura.

Rata-rata dana yang dihabiskan adalah US$ 40 juta untuk layanan kesehatan di Malaysia dan US$ 50 juta di Singapura. "Asuransi kesehatan di Indonesia umumnya jangkauannya tidak mencakup seluruh dunia dan manfaat yang diberikan tidak cukup untuk menutupi biaya perawatan kesehatan internasional. Fenomena inilah yang mendorong kami untuk meluncurkan produk Asuransi Mandiri Kesehatan Global," ujar Albertus Wiroyo, Presiden Direktur AXA Mandiri.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kesehatan komprehensif juga didukung oleh fakta yang menujukkan bahwa usia harapan hidup di Indonesia kian meningkat. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menujukkan usia harapan hidup perempuan di Indonesia meningkat dari 69,3 tahun pada 2000 menjadi 72,6 tahun pada 2010. Sedangkan usia harapan hidup laki-laki meningkat dari 65,5 tahun di 2000 menjadi 68,7 tahun di 2010.

Kondisi tersebut menyebabkan risiko terkena penyakit semakin meningkat, apalagi jenis penyakit yang timbul semakin bervariasi dan pola hidup masyarakat semakin kompleks. Di sisi lain, 60-75% masyarakat Indonesia membayar biaya perawatan medisnya dari pengeluaran pribadi.

"Padahal biaya perawatan medis terus meningkat secara signifikan. Di Asuransi Mandiri kami menjamin persetujuan aplikasi polis tanpa pertanyaan dan pemeriksaan medis (guaranteed acceptance) hingga usia masuk nasabah 80 tahun serta jaminan perpanjangan polis secara otomatis (guaranteed renewable) hingga usia 99 tahun.

Chief Financial Officer AXA Mandiri, Iwan Pasila, menjelaskan, produk Asuransi Mandiri Kesehatan Global ditargetkan untuk nasabah prioritas Bank Mandiri. Disediakan sejumlah fasilitas dan layanan ekslusif bagi pemegang polis, antara lain layanan kesehatan pribadi, transportasi ambulan dan bantuan medis darurat internasional. Pemegang polis juga bisa memanfaatkan layanan concierge yang melayani berbagai kebutuhan termasuk pemesanan tiket penerbangan, hotel, restoran, bahkan tiket-tiket konser. Tersedia pula informasi medis melalui layanan hotline Health at Hand yang siap membantu selama 24 jam x 7 hari.

Asuransi Mandiri Kesehatan Global tersedia dalam tiga pilihan plan, yaitu plan A, B, dan C. Tiap plan terbagi dalam tiga pilihan wilayah pertanggungan berbeda yaitu: seluruh dunia kecuali Amerika Serikat, selanjutnya khusus Asia.

Target pemegang polis produk asuransi ini adalah 70 ribu nasabah priority banking. Nilai premi mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 500 juta per tahun. "Kelihatannya mahal, tapi jangan lupa untuk meng-cover sampai US$ 2,9 juta per tahun. Kami bekerja sama dengan 1000 rumah sakit di seluruh dunia dan 300 rumah sakit lokal," tambah Albertus . (Lila Intana/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)