Bahana Securities-Daiwa Securities Jalin Aliansi Bisnis

PT Bahana Securities, anak usaha PT Bahana Pembina Usaha Indonesia (Persero) di bidang perdagangan efek dan investment banking, menjalin aliansi bisnis dengan Daiwa Securities Group Inc.

Bahana DaiwaBahana Securities merupakan penyedia layanan di bidang pasar modal meliputi investment banking dan perdagangan efek, menangani sejumlah IPO dan penerbitan obligasi. Sementara, Daiwa Securities bisnis intinya mencakup brokerage, investment banking dan manajemen aset.

Sesuai dengan kesepakatan aliansi bisnis yang ditandatangani ke-2 belah pihak pada hari ini, Rabu (9/10), Bahana dan Daiwa akan bekerja sama dalam memasarkan hasil riset mengenai perusahaan-perusahaan di Indonesia.

“Nantinya informasi maupun riset tentang perusahaan-perusahaan Indonesia akan terdistribusikan secara luas ke investor institusi global, khususnya klien-klien Daiwa yang tersebar di 20 negara,” ujar Head of Equities & Research Bahana Securities, Harry Su.

Saat ini riset yang dilakukan Bahana Securities mencakup sekitar 85 perusahaan atau 75% dari total kapitalisasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan merupakan perusahaan sekuritas lokal dengan cakupan (coverage) terbanyak.

“Aliansi ini mempresentasikan tetap tingginya kepercayaan dan minat asing berinvestasi di Indonesia,” katanya.

Selain distribusi riset, Bahana dan Daiwa juga akan bekerjasama dalam bidang merger dan akuisisi (M&A) yang melibatkan perusahaan-perusahaan Indonesia dan Jepang. "Selain itu kami juga melakukan kerjasama pemasaran dalam penerbitan efek saham maupun surat utang oleh perusahaan Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Executive Managing Director-Head of Asia&Oceania Daiwa Securities Group Inc, Tetsuo Akuzawa, mengatakan, Daiwa melihat Indonesia sebagai negara di ASEAN dengan potensi pertumbuhan jangka panjang yang tinggi. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang cukup aktif dalam hal investasi langsung, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Bahana sebagai perusahaan sekuritas yang sudah dikenal luas di kalangan investor, memiliki keunggulan dalam hal riset saham dan akses ke perusahaan-perusahaan Indonesia yang mana hal itu dibutuhkan Daiwa," kata Akuzawa.

Menurutnya, melalui aliansi dengan Bahana, Daiwa berharap dapat mengembangkan layanan riset sekaligus meningkatkan distribusi lini produk ke investor global. Dengan memiliki akses ke perusahaan di Indonesia, Daiwa juga berharap adanya peningkatan kesepakatan M&A yang melibatkan perusahaan kedua negara serta kerjasama dengan Bahana dalam bisnis penjaminan emisi untuk perusahaan-perusahaan Indonesia. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)