Bangun Pabrik Kulkas dan Mesin Cuci, Sharp Gelontorkan Dana Rp 1,2 Trliun

Agresivitas PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) dbuktikan dengan ekspansi pembangunan pabrik baru mesin cuci dan kulkas di Krawang International Industrial City (KIIC), Krawang, Jawa Barat. Pabrik baru tersebut rencananya akan dibangun mulai Juli 2012 dan beroperasi tahun 2013.

Menurut Fumihiro Irie, Direktur Utama SEID, pabrik baru tersebut akan dibangun di atas area seluas 31 hektar akan menelan investasi sekitar Rp 1,2 triliun. Pabrik baru ini untuk meningkatkan kapasitas produksi kulkas 220 ribu/bulan atau 2,640 juta (2 kali dari kapasitas pabrik yang sekarang) dan mesin cuci 140 ribu/bulan atau 1,680 juta (2,5 kali dari produksi pabrik yang berlokasi di Pulogadung). “Pabrik baru ini nantinya akan memenuhi 80% pasar Indonesia dan 20% kebutuhan pasar ekspor. Kami menargetkan mempertahankan marketshare untuk produk kulkas 36% dan mesin cuci 32%,” kata Irie.

Mohamad S. Hidayat, Menteri Perindustrian RI yang hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan pabrik kedua ini, menambahkan, pembangunan pabrik baru ini menunjukkan bahwa Sharp telah berperan nyata dalam memberikan kesempatan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak, sekaligus memberi andil dalam peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, bila saat ini local content Sharp sekitar 40%, ia berharap agar bisa ditingkatkan menjadi 60%. “Di masa mendatang, diharapkan Sharp akan terus berkembang hingga mampu mendorong perkembangan industri komponen dalam negeri,” tambah Hidayat.

Menurut Toshio Adachi, Vice President Sharp Corporation, kawasan ASEAN telah menjadi fokus utama Sharp dalam mengembangkan bisnisnya, karena kawasan ini memiliki populasi generasi muda yang sangat besar dan proyeksi pertumbuhannya sangat pesat. Bahkan bisnis Sharp di Indonesia telah mendominasi hampir 40% pasar ASEAN. Pembangunan pabrik baru ini merupakan perhatian bagi Sharp group di seluruh dunia sekaligus merupakan hal yang sangat penting untuk memperbesar kapasitas produksi dan meningkatkan bisnis Sharp di pasar Indonesia. “Saat ini Sharp Indonesia memberikan kontribusi penjualan sekitar 5%-6% terhadap Sharp Corporation di Jepang,” kata Toshio.

Bahkan dalam rangka ulang tahunnya yang ke 100 (15 September 2012) , Sharp meluncurkan program My Sharp Our Future Campaign yang akan dilaksana selama 100 hari, mulai 7 Juni 2012. Program ini akan mengajak konsumen membangun masa depan yang lebih baik untuk anak-anak 100 tahun ke depan. Di Indoneisa Sharp akan memberikan kontribusi untuk pembelian produk AQUOS TV, Plasmacluster Ion Generator dan Air Purifier yang akan disalurkan untuk program perbaikan gizi anak-anak Indonesia agar dapat tumbuh sehat. “Kami akan terus mendedikasikan diri agar tetap berkarya dan memberikan yang terbaik bagi konsumen di seluruh dunia,” tutur Irie. (Darandono/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)