Corporate Action Corporate Action

Bank Danamon Bawa SiMOLEK Ke Bekasi

Bank Danamon Bawa SiMOLEK Ke Bekasi

Sejak berdirinya Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga negara yang bertugas mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan ini, berniat untuk fokus dengan program Literasi dan Edukasi Keuangan serta Perbankan kepada masyarakat umum. Di sini, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. membantu OJK untuk menyukseskan program tersebut, yakni dengan membuka rangkaian kegiatan sosialisasi Si MObil LitErasi Keuangan (SiMOLEK) di Pasar Juanda, Bekasi, Jawa Barat.

Danamon-SiMOLEK (OJK)

SiMOLEK adalah mobil khusus yang dirancang OJK dan dioperasikan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat atas literasi keuangan, serta mendorong minat dan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk/jasa keuangan. Kegiatan SiMOLEK yang berlangsung di 14 kota di Indonesia, periode 5-11 Mei 2014, merupakan langkah OJK dan Bank Danamon untuk mengajak masyarakat mengenal perbankan lebih dekat, serta Bijak dalam Mengelola Keuangan (Program SIKAPI).

“Kami berharap program SiMOLEK ini dapat meningkatkan tingkat literasi jasa keuangan masyarakat Indonesia khususnya pada wilayah-wilayah yang belum memiliki infrastruktur yang baik. Selain itu, SiMOLEK juga dirancang untuk mendukung program kerja pemerintah (OJK) yang telah dituangkan dalam peluncuran Cetak Biru Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia pada 19 November 2013,” ujar Agus Sugiarto, Direktur Literasi & Edukasi OJK.

Mobil SiMOLEK yang berjumlah 20 unit dilengkapi dengan peralatan multimedia dengan fitur-fitur lengkap untuk memenuhi kebutuhan penyampaian materi edukasi. Selain itu, mobil tersebut juga menyediakan materi-materi edukasi, baik dari OJK maupun Danamon, seperti leaflet dan brosur. Petugas edukasi yang bertugas siap membantu dan memberikan informasi kepada masyarakat yang mengunjungi mobil SiMOLEK.

“Sebagai bank yang berkomitmen tinggi meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap layanan keuangan perbankan, kami senantiasa mendukung dan memberikan kontribusi langsung terhadap program edukasi yang diselenggarakan OJK. Kami yakin Program SiMOLEK ini dapat mendorong masyarakat untuk menggunaan produk dan layanan keuangan perbankan secara bijak serta memajukan industri perbankan di Indonesia,” tutur Henry Ho, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Dalam kegiatan ini, Bank Danamon memobilisasi unit-unit bisnisnya yakni Danamon Simpan Pinjam (DSP), Danamon Syariah, Consumer Banking dan SME Banking, karena unit-unit tersebut memiliki target pasar yang sama dengan target sosialisasi SiMOLEK, seperti para ibu rumah tangga, masyarakat pasar dan sekitarnya, serta mahasiswa.

“Secara terpadu, unit-unit bisnis tersebut mendukung sosialisasi SiMOLEK di 14 kota di Indonesia, di mana cabang Danamon berada yang meliputi Balikpapan, Bandung, Bogor, Cirebon, Denpasar, Jakarta, Makassar, Malang, Manado, Medan, Pekanbaru, Semarang, Solo dan Surabaya,” ucap Henry.

Sosialisasi SiMOLEK Danamon dan OJK di Bekasi, Jawa Barat hari ini dihadirkan bersama kegiatan unit DSP yakni TUNAS “Temu Nasabah dan Komunitas Bersama” yang disertai lokakarya dengan tema edukasi perbankan dengan peserta para ibu Komunitas Pasar Juanda Bekasi. Kegiatan serupa juga dilakukan di daerah-daerah lainnya dalam kurun waktu minggu ini.

“Materi edukasi literasi keuangan yang disampaikan antara lain mencakup perencanaan keuangan keluarga, keuangan personal untuk menghadapi dunia kerja serta produk-produk dasar perbankan syariah. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan kegiatan lomba memasak, beauty class atau kelas kecantikan dan make up, serta hijab tutorial,” kata Henry. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved