Bank OCBC NISP Terbitkan Obligasi Berkelanjutan I Tahap II Tahun 2015 Senilai Rp 3 Triliun

Bank OCBC NISP berencana menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Tahap II Tahun 2015 dengan jumlah pokok sebesar Rp 3 triliun. Obligasi ini diterbitkan dalam tiga seri, yaitu Seri A, tenor 370 hari dengan indikasi bunga 9,00% per tahun, Seri B, tenor 2 tahun dengan indikasi bunga 9,40% dan Seri C, tenor 3 tahun dengan indikasi bunga 9,80% per tahun, dimana pembayaran bunga akan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.

OCBC-Nisp-0bligasi

Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja, mengatakan, "Ini merupakan kelanjutan dari obligasi yang telah kami terbitkan pada tahun 2013 lalu. Kami berharap penerbitan Obligasi Berkelanjutan I Tahap II ini juga mendapat respons yang positif dari para investor seperti pada tahap I. Dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan I Tahap II Tahun 2015 ini setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan perseroan untuk pertumbuhan usaha dalam bentuk penyaluran kredit.”

Dalam rangka penerbitan Obligasi Berkelanjutan ini, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dan PT Fitch Ratings Indonesia telah memberikan peringkat instrument AAA (idn) (Triple A). Bank OCBC NISP juga didukung oleh PT Indo Premier Securities, PT Mandiri Sekuritas, PT NISP Sekuritas, PT OCBC Sekuritas Indonesia, PT RHB OSK Securities Indonesia dan PT Trimegah Securities Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi.

Bank OCBC NISP per 30 September 2014 memiliki aset Rp 109,06 triliun dan laba bersih Rp 942 miliar. Sementara itu, Non Performing Loan (NPL)  tetap berada pada level rendah 0,7%, jauh di bawah batas maksimal Bank Indonesia sebesar 5%.

Rasio-rasio keuangan lainnya juga dalam kisaran positif, termasuk kecukupan modal/Capital Adequacy Ratio (CAR) pada 19,1%, Net Interest Margin (NIM) 4,1%, Return On Equity (ROE) 9,2% dan Return On Assets (ROA) 1,7%. Pada periode yang sama, Bank OCBC NISP membukukan dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 79,5 trilliun. Bank juga secara aktif menjalankan fungsi intermediasinya yang tercermin dari tingginya LDR (Loan to Deposit Ratio) sebesar 83,6%.

Bank OCBC NISP per 30 September 2014 memiliki 335 jaringan kantor di 59 kota, dilengkapi dengan 757 unit ATM dimana nasabah dapat bertransaksi di lebih dari 147.000 jaringan ATM (termasuk ATM Bersama, Prima, OCBC Bank di Singapura dan BankCard di Malaysia), dan didukung oleh 6.684 karyawan. Dalam menjalankan bisnis yang berfokus pada bidang UKM dan konsumer, Bank OCBC NISP mendapat dukungan dalam berbagai bidang dari OCBC Bank Singapore sebagai pemegang saham pengendali (85,08%). (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)