Beli Saham BNI Life, Sumitomo Life Gelontorkan Rp 4,2 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. melakukan kemitraan strategis dengan Sumitomo Life Insurance Company. Kemitraan strategis ini dilakukan melalui pembelian saham baru yang diterbitkan oleh PT BNI Life Insurance, anak perusahaan BNI yang bergerak di bidang asuransi jiwa, oleh Sumitomo Life senilai Rp 4,2 triliun. Dengan pembelian tersebut, Sumitomo Life akan memiliki sekitar 40 persen saham BNI Life. Transaksi ini akan berlaku efektif setelah mendapat persetujuan dari pihak yang berwenang.

Kemitraan strategis ini ditandai dengan penandatanganan dokumen kerja sama, di Jakarta, Senin (2/12/2013), oleh Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo, President and Chief Executive Officer of Sumitomo Life Insurance Company Yoshio Sato, dan Direktur Utama BNI Life A Junaedy Ganie.

Peresmian kantor baru BNI Life di Landmark Center, Jakarta, Kamis (7/2/2013). Peresmian kantor baru BNI Life di Landmark Center, Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Kemitraan strategis ini menggambarkan keyakinan akan besarnya peluang yang akan diperoleh dari kerja sama jangka panjang bancassurance antara BNI dan BNI Life. BNI dan BNI Life akan memfokuskan pada pengembangan jaringan bancassurance, di mana Annualized Premium Equivalent untuk tahun 2013 diproyeksikan akan tumbuh sekitar 50 persen.

Selain bancassurance yang telah mencapai lebih dari separuh pendapatan premi, BNI Life akan tetap mengembangkan strategi distribusi multi-channel, yaitu agency, employee benefits, dan asuransi syariah dalam upaya untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penetrasi pasar asuransi di Indonesia, serta untuk menangkap peluang pertumbuhan permintaan asuransi di seluruh lapisan masyarakat.

Terpilihnya Sumitomo Life sebagai mitra strategis jangka panjang merupakan bagian dari tekad BNI dan BNI Life untuk menjadikan BNI Life sebagai perusahaan asuransi terdepan di industri bancassurance dan asuransi jiwa di Indonesia. Kemitraan strategis ini diyakini akan meningkatkan kemampuan operasional dan kemampuan bisnis BNI Life untuk menciptakan pertumbuhan bisnis dan pertumbuhan laba yang berkelanjutan.

Kemitraan strategis dengan Sumitomo Life juga akan mempercepat proses transformasi organisasi yang telah dilakukan secara menyeluruh oleh BNI Life sejak September 2011, yang ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan bisnis dan pertumbuhan laba yang berkelanjutan.

Bagi Sumitomo Life, kemitraan strategis ini merupakan salah satu investasi penting yang sesuai dengan strategi bisnis internasional mereka. Perusahaan mempunyai rekam jejak yang telah terbukti, antara lain ditunjukan dengan jumlah agen yang mencapai sekitar 31.000 sales representatives di Jepang, dan jaringan bancassurance yang hampir tidak tersaingi di Jepang karena kerjasamanya dengan bank-bank komersial dan lembaga keuangan terkemuka.

Gatot mengutarakan, kemitraan strategis dengan perusahaan asuransi terkemuka dunia seperti Sumitomo Life ini akan memberikan manfaat bagi BNI Life dalam hal penerapan best practice dan tata kelola perusahaan yang terbaik dengan standar tinggi seperti yang dilakukan oleh Sumitomo Life.

"Kemitraan strategis antara BNI dan Sumitomo Life akan meningkatkan pertumbuhan BNI Life untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar sekaligus menciptakan nilai tambah bagi nasabah serta pemangku kepentingan kami di pasar asuransi nasional yang sedang tumbuh, mengingat masih rendahnya penetrasi pasar asuransi di Indonesia, kondisi demografi yang menarik, serta pasar yang menjanjikan karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh kuat," tuturnya.

Sebagai informasi, BNP Paribas, Bahana Securities, Danareksa Sekuritas, dan BNI Securities telah membantu BNI dan BNI Life sebagai penasihat keuangan untuk kemitraan strategis dengan Sumitomo Life ini. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)