Bengkel Isuzu Berjalan Kini Pasang GPS

Herry Triono, Chief Operation Officer PT Astra International Tbk-Isuzu Herry Triono

Astra International Isuzu kini memperlengkapi armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB)-nya dengan teknologi Global Positioning System (GPS). Penggunaan teknologi ini sama dengan yang digunakan oleh armada Emergency Roadside Assistance (ERA) milik AstraWorld.

Kepada SWA Online, Herry Triono, Chief Operation Officer PT Astra International Tbk-Isuzu, di Jakarta, beberapa waktu lalu, menerangkan, penggunaan teknologi GPS ini adalah yang pertama kali. “Baru pertama kali. Dan kami juga berterima kasih dan bersyukur kepada AstraWorld, sebagai pilot project ini menggandeng kami,” sebut Herry.

Dia menerangkan, GPS ini akan dipasang di Bengkel Isuzu Berjalan (BIB). Saat ini, ada 53 unit BIB. Ditargetkan ada 56 unit hingga akhir tahun, dan akan ada penambahan 5-6 unit per tahunnya sejalan dengan penambahan outlet.

Sebelum memakai GPS, Herry mengatakan, kantor berhubungan dengan armada BIB melalui kontak telepon, tepatnya melalui call center. Dengan kondisi itu, kendalanya adalah jaringan yang tidak bagus. “Pakai manual, ya call center. Baik melalui AstraWorld maupun call center di cabang kami masing-masing,” lanjut dia.

Kini, unit-unit BIB pun semakin canggih. Ini lantaran perusahaan memasang teknologi GPS. Pemasangan alat ini bekerja sama dengan AstraWorld. Unit bisnis Astra International ini baru saja meneken kerja sama dengan pihak Indosat sebagai penyedia jasa layanan data. Kerja sama pun didukung oleh Pusaka GPS sebagai penyedia unit GPS dan sistem aplikasi.

Dengan GPS ini, Herry mengklaim, BIB akan semakin mudah melayani pelanggan Isuzu yang kendaraannya mengalami masalah. Karena pemasangan GPS bertujuan untuk mengetahui posisi terakhir unit yang bertugas sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Apalagi, kata dia, sebagian besar kendaraan Isuzu digunakan untuk kegiatan bisnis. Sehingga kecepatan dalam pelayanan dibutuhkan. “Kami yakin customer juga akan lebih mudah dan lebih cepat kontak ke kami,” kata dia meyakinkan.

Ia pun mengatakan, BIB dengan ERA AstraWorld saling melengkapi. Maksudnya, bila ada pelanggan Isuzu yang mengalami masalah, sementara armada ERA AstraWorld yang paling dekat dengan dia ketimbang armada BIB, maka armada ERA yang akan memberikan pelayanan.

“Nantinya kami (akan) kembangkan menyediakan spare part lebih cepat. (Jadi) kita akan makin memudahkan customer dan memperlancar bisnis mereka,” tandas Herry. (Ester Meryana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)