British Council-UniSadhuGuna Selenggarakan IELTS

Tingginya permintaan sertfikasi bahasa Inggris yang dikeluarkan The International English Language Testing System (IELTS) ditangkap  sebagai peluang bisnis menjanjikan oleh British Council dan UniSadhuGuna. Mereka bekerja sama meluncurkan sertifikasi bahasa Inggris global tersebut untuk siswa dan kalangan profesional di Indonesia.

“IELTS lebih dari sekadar tes bahasa Inggris. IELTS adalah paspor untuk karier yang lebih baik, studi dan traveling ke luar negeri,” ujar Head of English Language Development British Council Indonesia, Danny Whitehead.

British Council dan UniSadhuGuna (USG) telah menandatangani perjanjian kerja sama penyelenggaraan IELTS. Rencananya mereka akan menyelenggarakan tes pertama pada 12 Juni 2012. Dalam kerja sama tersebut, The British Institute (TBI) ditunjuk sebagai penyelenggara, UniSadhuGuna Testing Center (UTC) sebagai pihak penguji, dengan native-speaker dari British Council.

"Penguji dan penyelenggara memang harus terpisah supaya yang menguji bukan gurunya sendiri. Itu sudah aturan dari Cambridge," tutur Windiaprana Ramelan, USG Higher Education and Testing Programme Director.

"Perusahaan-perusahaan yang sudah international exposed lebih baik pakai IELTS daripada ngetes bahasa Inggris pelamar atau karyawannya," lanjut Windiaprana.

Deputy Director of Marketing USG, Mariam Kartikatresni menambahkan bahwa institusi-institusi yang membutuhkan IELTS seperti pemerintahan juga akan menjadi target pasarnya. TBI pun telah bekerjasama dengan agen pendidikan luar negeri EdLink dan Unistar.

"Target utama kami sebetulnya publik yang mau lihat kemampuan Bahasa Inggrisnya sehingga kalau melamar ke perusahaan bisa langsung tanpa tes Bahasa Inggris," ujar Mariam.

Bukan itu saja, sekolah-sekolah internasional dan RSBI dan perusahaan multinasional tak luput dari catatan target pasar IELTS. Meski IELTS belum banyak digunakan kalangan profesional, TBI sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan untuk assesment bahasa Inggris. Rencananya, mereka akan mengalihkan assesment yang selama ini dimiliki TBI ke IELTS.

Karena belum sepopuler tes bahasa Inggris lainnya, TBI merencanakan promo IELTS bersamaan dengan promosi TBI. Ia juga akan menggandeng British Council untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya IELTS bagi masa depan mereka. (Tika Widyaningtyas/EVA)

Leave a Reply

1 thought on “British Council-UniSadhuGuna Selenggarakan IELTS”

cuma sayangnga ielts tuh.... mahal kaya ibt toefl. 4x lipat dr harga toeic
by feri, 02 Jun 2012, 06:42

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)