BSD City Pelopori Smart Digital City

IMG_5737

Sinar Mas Land bekerja sama dengan PT Kresna Graha Investama Tbk  mengembangkan platform digital yang terintegrasi di kawasan BSD City. Pengembangan aplikasinya ini akan dirancang khusus agar bisa menunjang kegiatan 200.000 penduduk di kawasan BSD City.

Dengan adanya aplikasinya ini, BSD City menjadi kawasan yang pertama kali menjadi integrated smart digital city pertama di Indonesia. "Banyak pengembang lain yang mengusung konsep smart city. Tapi dengan aplikasi ini, kami menjadi yang pertama menerapkan smart digital city yang sesungguhnya," ujar Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land.

Maksudnya adalah untuk menunjang seluruh kegiatan di kawasan BSD City, penduduk hanya perlu satu aplikasi saja. Mulai dari bayar sewa rumah, bayar listrik, bayar air, iuran pemeliharaan, resevasi restoran, pembelian tiket bioskop, membeli kebutuhan rumah tangga, pembelian tiket konser, dan lain sebagainya bisa dilakukan lewat satu aplikasi saja.

Michael Steven, Presiden Direktur PT Kresna Graha Investama Tbk, menjelaskan, nantinya di aplikasi ini akan mencakup layanan e-wallet, community platform, loyalty program dan solusi managemen peforma bisnis. Untuk layanan e-wallet, PT Kreshna Graha Investama Tbk bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Michael Widjaja, mengatakan, gen x dan gen y sangat lekat dengan teknologi. Tentu saja, hal ini tidak luput dari perhatian Sinar Mas Land. Dengan adanya aplikasi ini, Sinar Mas Land berupaya untuk menyediakan teknologi yang bisa menunjang gaya hidup mereka.

Aplikasi yang belum ditentukan namanya ini, dapat diunduh melalui Play Store dan juga App Store. Rencananya tahap 1 applikasi ini akan selesai tahun ini, tepatnya di bulan Juli 2016.

Di kuartal ketiga tahun ini, pengguna bisa melakukan pembayaran tagihan tanpa uang cash, pemesanan makanan (di kawasan BSD saja), pemesanan perbaikan (di kawasan BSD saja), pembayaran transportasi di kawasan BSD, dan pemesanan tiket (di kawasan BSD saja) melalui aplikasi ini.

Tahapan selanjutnya di kuartal pertama 2017, pengguna bisa melakukan pemesanan tiket hiburan (di kawasan BSD saja), berbelanja di kawasan BSD, pembayaran sekolah, dan ada loyalty system.

Sosialisasi penggunaan aplikasi dimulai dari satu kluster, kemudian diperluas menjadi grup sampai akhirnya ke seluruh kawasan BSD City. Diperkirakan seluruh penduduk dapat merasakan keseluruhan fitur aplikasi ini di tahun 2018. Mengenai besarnya investasi yang digelontorkan, mereka enggan menyebutkannya karena belum selesai menghitung biaya keseluruhan.

Soal kesiapan Sinar Mas Land untuk menjadi integrated smart digital city, BSD City telah dilengkapi dengan koneksi fiber untuk mendukung akses internet dan kecepatan pengiriman data, high resiliencies fiber backbone, keterbukaan akses untuk fleksibilitas, serta sistem cloud kelas dunia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)