BSD Terbitkan Obligasi Berkelanjutan Rp 1,5 Triliun

PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSD) akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Bumi Serpong Damai Tahun 2012 sebesar Rp 1,5 triliun. Masa penawaran awal atas obligasi ini dimulai sejak 5 Juni hingga 19 Juni 2012. Obligasi yang akan diterbitkan ini telah mendapatkan peringkat idA+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Direktur Utama BSD, Harry Budi Hartanto, Rabu (6/6), mengatakan, penerbitan obligasi akan dibagi menjadi tiga seri dengan tenor yang berbeda, mulai dari tiga tahun dengan kupon 7,5-8,5%, lima tahun pada kupon 8,5-9,5%, dan tujuh tahun dengan kupon 9-10%.

Dana hasil penerbitan obligasi sebanyak 70 persen akan digunakan untuk ekspansi usaha antara lain pembebasan tanah, pembangunan proyek perumahan, komersial dan perkantoran di BSD City, sementara sekitar 30 persen digunakan sebagai belanja modal.

"Penerbitan obligasi berkelanjutan ini akan menjadi sumber dana untuk pertumbuhan jangka panjang bagi Bumi serpong. Dana tersebut akan kami gunakan untuk pengembangan 30 lebih proyek yang kami kelola di beberapa kota besar di Indonesia," jelas Harry Budi Hartanto.

Permintaan properti di tanah air menurutnya cenderung meningkat baik untuk properti residensial maupun properti komersial. Daya beli masyarakat yang meningkat ditunjang oleh pertumbuhan ekonomi makro, sehingga kemampuan melakukan pembelian properti baik secara tunai maupun kredit makin tinggi, yang menjadi pendorong bertumbuhnya permintaan properti residensial.

Bahkan kredit perumahan saat ini merupakan salah satu yang paling tinggi karena tingkat suku bunga kredit kepemilikan rumah sudah mencapai titik terendah sepanjang sejarah KPR di Indonesia.

BSD saat ini membawahi PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinarmas Wisesa dan PT Sinarmas Teladan dan mengelola lebih dari 30 proyek properti mulai dari rumah tapak, perkantoran hingga kawasan 'mixed used' di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Serpong, Bekasi, Cibubur, Surabaya, Balikpapan, Samarinda, dan Medan.

Developer yang memiliki proyek utama BSD City itu hingga kini telah memiliki sekitar 4.900 ha kawasan Kota Mandiri di Serpong, Tangerang. Dalam pembangunan yang telah terbagi dalam dua fase tersebut telah menyulap daerah Serpong menjadi Kota Mandiri dengan kelengkapan infrastruktur sebagaimana layaknya kota besar di Indonesia.

Bertindak sebagai penjamin emisi obligasi adalah PT Indo Premier Securities, PT Mandiri Sekuritas, PT OSK Nusadana Securities Indonesia, dan PT Sinarmas Sekuritas. Sedangkan Bank CIMB Niaga ditunjuk sebagai Wali Amanat. (Lila Intana/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)