Plaza Indonesia - IDE Land Investasi Rp1,2 Triliun Bangun Apartemen Alterra

Banyak cara untuk mendongkrak pendapatan korporasi di tahun kambing kayu. Tengok saja yang dilakukan oleh PT Plaza Indonesia Reality Tbk yang mulai menggiatkan anak perusahaan bidang properti , PT Plaza Indonesia Urban, untuk menjalankan proyek perdana, Alterra Residences.

Alterra Residences adalah proyek properti pertama yang ditangani oleh Plaza Indonesia Urban. Sebagai anak usaha, perusahaan yang mengusung konsep “quality of living” ini menggandeng IDE Land Development sebagai mitra pelaksana dan pengelola apartemen. Adapun dana investasi yang dikeluarkan perusahaan untuk proyek seluas 1,8 hektar ini sekitar Rp 1,2 triliun.

Lucy Suyanto, Presiden Direktur Plaza Indonesia Urban, mengatakan, dalam kolaborasi tersebut pihaknya hanya sebagai investor yang bersifat strategik, sedangkan IDE Land Development berperan sebagai end-to-end provider. Meski begitu, pihaknya masih terlibat dalam penentuan mutu dan kualitas desain serta bangunan. “Karena resources sangat terbatas, maka dari itu kami menggandeng mitra yang berpengalaman. Itu akan jauh lebih efektif ketimbang kami menjalankan proyek ini sendiri,” kata Lucy.

Lucy menambahkan, pembangunan apartemen yang dibanderol mulai dari Rp 300 juta – Rp 1 miliar per unit itu sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan pendapatan grup. Selama ini pendapatan diperoleh dari sewa ruang ritel, hotel, dan perkantoran. Grup yang memiliki empat  properti seperti, Plaza Indonesia Shopping Center, Hotel Grand Hyatt, Keraton at The Plaza, dan The Plaza Office Tower, ini juga tengah mengerjakan proyek besar di Jababeka. “Kami menargetkan penjualan di tahun pertama sekitar Rp500 miliar,” tutur Lucy yang enggan berkomentar lebih lanjut.

photo-138

Alterra Residences berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, hanya beberapa menit dari area CBD Simaputpang dan Pondok Indah serta 100 meter dengan rencana pintu tol JORR 2. Ground breaking proyek apartemen ini dimulai pada Mei 2015 dan diharapkan akan selesai pada 2018 untuk tahap pertama.

Irza Ifdial, Chief Executive Offiver IDE Land Development, mengatakan, Tangerang Selatan merupakan kawasan terpadu dengan beragam fasilitas publik yang telah tersedia dan berkembang pesat. Ia mengklaim, Alterra Residences merupakan hunian berkelas dengan konsep “urban and green living” di mana dilengkapi dengan beragam fasilitas kelas premier layaknya sebuah resort “Kami membangun kolam renang terbesar di antara kolam renang yang ada di apartemen di Jakarta,” imbuhnya.

Untuk memasarkan unitnya tersebut, IDE Land Development melatih in-house agent yang secara khusus menjual produk Alterra Residence. Meski belum dipasarkan ke publik, pihaknya mengklaim sudah mengantongi 1.200 calon pembeli yang menitipkan dana untuk investasi membeli unit diapartemen tersebut. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)