Channel Khusus Film Bollywood Rambah Televisi Berbayar Indonesia

Zee Entertainment Enterprises Limited (ZEEL), konglomerasi media asal India, yang merupakan anak usaha dari Essel Group, resmi menjejakkan kakinya di dunia televisi berbayar di Indonesia dengan menempatkan dua channel-nya. Pertama yaitu Zee Bioskop yang fokus menayangkan film-film terbaik asal negeri sungai Gangga tersebut, khususnya yang berasal dari industri perfilman Bollywood. Kedua, Veria Living yakni channel yang berisi tayangan kebugaran pertama di Indonesia. Selain itu, mereka juga membuka kantor perwakilan di Jakarta dan mengangkat seorang Country Head untuk bisnisnya di sini, yaitu Maria Liza Ginting.

Zee Bioskop India

“Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan dalam hal budaya, nilai-nilai dan selera masyarakat akan hiburan. Indonesia secara ekonomis merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat dan berpotensi sangat besar dalam hal perkembangan televisi berbayar. Saya yakin ini akan menjadi awal dari hubungan dan kerjasama yang baik antar dua negara,” kata Subhash Chandra, Chairman of Zee Entertainment Enterprises Ltd.

ZEEL sendiri sudah diluncurkan di India sejak 1992. Sampai sekarang perusahaan tersebut telah membuat program-program acara televisi yang menghibur lebih dari 700 juta penonton di 169 negara di seluruh dunia. Mereka mempunyai 34 channel di India, dan 32 channel di seluruh dunia. Mereka juga baru saja meluncurkan brand positioning global-nya, Vasudhaiva Kutumbakam, yang artinya The World is My Family. “Slogan ini berarti bahwa kami menganggap para pemegang saham, bankir, investor, karyawan, mitra bisnis, juga penonton, tidak hanya sebagai pemangku kepentingan saja, melainkan juga telah jadi bagian dari keluarga kami,” ujar Subhash.

Maria Liza Ginting,  Country Head of Zee Entertainment Enterprises Ltd. Indonesia, menerangkan bahwa Zee Bioskop “datang” ke televisi berbayar di Indonesia dengan tujuan membawa romansa, komedi, aksi, dan drama untuk dinikmati para penontonnya, yang sekarang jumlahnya sudah mencapai kira-kira 10 juta orang di seluruh negeri (kalau dihitung dari jumlah pelanggan semua televisi berbayar di Indonesia).

“Zee Bioskop akan hadir selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan akan menampilkan film-film dari bintang Bollywood terpopuler, seperti Shah Rukh Khan, Salman Khan, Kajol, Amitabh Bachchan, Kareena Kapoor, Deepika Padukone, Ranbir Kapoor, dan lain-lain. Saluran ini akan memiliki line-up program seperti Gelitik Senin, Selasa Tak Gentar, Kencan Bintang Legendaris (Rabu), Sinema Rasa Sayang (Kamis), Sinema Perdana (Jumat), dan Blockbuster Akhir Pekan (Sabtu-Minggu),” jelas Liza.

Tagline yang diusung Zee Bioskop adalah Bollywood Banget!!!. Film yang ditayangkan di sana, sebanyak 70% sudah disulihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia, dan sisanya 30% masih memakai teks terjemahan. Hal ini supaya bisa lebih mendekatkan diri kepada para penonton di Indonesia, yang dipercaya Zee cukup banyak yang menyukai film Bollywood. Karena masih baru diluncurkan, maka channel ini baru tayang di dua televisi berbayar yaitu Aora TV dan Orange TV, serta Telkomvision yang baru saja deal. Sedangkan televisi berbayar yang lainnya akan menyusul, dan sekarang masih dalam tahap negosiasi.

“Kami berharap bisa meraih penonton sebanyak-banyaknya ke depan, tidak terpatok jenis kelamin, usia, dan latar belakang ekonomi. Kami percaya bahwa kualitas film Bollywood sekarang ini tidak kalah dengan film Hollywood. Lalu, kami juga belum akan menayangkan dalam versi High Definition (HD), tapi masih dalam Single Definition (SD). Sebab untuk HD, dua televisi berbayar yang sudah menayangkan channel kami belum siap,” ungkap Liza.

Selain Zee Bioskop, ZEEL juga akan segera menayangkan channel Veria Living di televisi berbayar yang sudah bekerja sama dengannya. Channel ini akan menjadi one-stop solution bagi mereka yang mencari kesehatan secara menyeluruh (holistik), dan ingin mengetahui berbagai cara untuk mendapatkan kesehatan itu. Veria Living pertama kali diluncurkan pada 2007, dan merupakan salah satu channel favorit di Amerika Serikat (AS).

Line-up program di Veria Living mencakup berbagai pola hidup sehat, wellness, dan kebugaran, yang membawa keseimbangan pada kehidupan modern. Nama programnya antara lain Naturally Delicious, The Sweet Truth, Workout From Within, Rock Your Yoga, Model Guru Cameron, What Would Julienna Do?, dan The Genesis of Healing. Veria ini sudah bisa tayang dalam HD, dan tentu saja channel ini ada karena kita ingin semua orang sehat dan bahagia,” tutur Liza. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)