Cheetah Mobile Buka Kantor di Jakarta

Perusahaan pengembang aplikasi utilitas smartphone, Cheetah Mobile (New York Stock Exchange : CMCM) membuka kantor di Jakarta sejak Mei lalu. Tujuan dari pembukaan kantor di Jakarta adalah untuk berkolaborasi dengan pengembang lokal dalam membuat aplikasi.

IMG_2740

Cheetah Mobile saat ini sudah memiliki 30 apliakasi, salah satunya adalah Clean Master, Battery Doctor, CM Security, CM Browse, dan Photo-Grid. Dari ketigapuluh aplikasi tersebut, Clean Master menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di Indonesia berdasarkan unduhan per bulan. Clean Master mempunyai 4 fungsi utama; pembersihan junk file, peningkatan kinerja telepon, antivirus, dan pengelola aplikasi.

Perusahaan ini sudah memiliki monthly active user 443 juta pengguna secara global di bulan Maret 2015. Selain itu, Cheetah Mobile merupakan penerbit CM Security, aplikasi anti virus, yang telah disertifikasi oleh AV-Test sebanyak sembilan kali. Johnny Li, General Manager for International Business Development, mengatakan Indonesia memiliki pasar yang besar dari sisi pengembangan aplikasi smartphone. Penetrasi smartphone yang pesat dan juga banyaknya kisah start-up yang sukses seperti Tokopedia dan Go-Jek merupakan daya tarik yang menarik.

Dalam waktu setahun, Cheetah Mobile telah melakukan kerja sama dengan lima OEM (Original Equipment Manufacturer) di Indonesia. Di pertengahan 2015, Cheetah Mobile akan berfokus untuk menjalin sinergi dengan ekosistem mobile lokal, termasuk membangun kerjasama dengan pengembang aplikasi lokal dan mengadakan seminar di beberapa universitas untuk membicarakan tren internet seluler.

“Kami berencana untuk berkolaborasi dengan industri lokal di Indonesia untuk menjawab persoalan menyangkut keamanan seluler dan internet, menghidupkan komunitas start-up lokal di Indonesia,” ujar Sheng Fu, CEO Cheetah Mobile.

Saat ini, Cheetah Mobile sudah memiliki proyek dengan start-up lokal untuk membuat sebuah aplikasi lokal. Mengenai perusahaan lokal yang ingin diajak bekerja sama, Li mengatakan Cheetah Mobile membuka pintu bagi semua segmen, asal berhubungan dengan mobile application. Pada kuartal ketiga di tahun 2014, Cheetah Mobile mendapat total revenue sebanyak US$ 78 juta, angka tersebut naik 158.1%. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)