D-Card, Kartu Kredit Bank Mandiri untuk Perusahaan Berjaringan Luas

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menerbitkan kartu kredit Mandiri Visa Distribution Card (D-Card) bagi produsen air minum kemasan bermerk Viro, PT Tirta Amarta. Kartu kredit ini bertujuan untuk memudahkan transaksi keuangan para agen dan distributor.

"Penggunaan kartu kredit dalam proses penjualan barang dari produsen kepada jaringan distribusi merupakan solusi terbaik yang dapat dikembangkan. Karena langkah ini dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan dan efisiensi dalam bertransaksi dan pengelolaan piutang dagang bagi produsen," jelas Tardi, EVP Coordinator Consumer Finance Bank Mandiri, dalam siaran persnya kepada Swa Online, Kamis (22/8).

Mandiri D-Card Mandiri D-Card

Lebih lanjut Tardi mengungkapkan bahwa penggunaan Mandiri D-Card dapat mengalihkan proses piutang ke bank, sehingga mengurangi processing cost. Kartu ini juga menghilangkan fungsi penagihan dari bagian penjualan karena tenaga penjual tidak lagi menagih langsung pembayaran dari agen atau toko saat barang dikirim. "Ini dapat mencegah penyalahgunaan uang pembayaran barang dari agen atau toko," imbuhnya.

Mandiri D-Card juga dapat membantu agen maupun toko dalam pembelian barang inventori tanpa uang tunai (cashless). Hal ini dikarenakan jangka waktu pembayaran dapat lebih panjang dan tanpa bunga. Sebagai tahap awal, D-Card Tirta Amarta akan diberikan kepada 100 agen penjualan dan akan dikembangkan hingga 4.000 agen dalam tiga tahun.

Menurut Tardi, kerja sama dengan Tirta Amarta ini merupakan langkah debut dari D-Card, namun pada waktunya nanti Bank Mandiri akan mengembangkan D-Card dengan menjaring perusahaan lain yang memiliki jaringan distribusi luas. Sehingga hal ini akan mampu mendorong pertumbuhan kartu kredit Bank Mandiri mencapai 34% pada tahun ini.

"Hingga Juni 2013, kami telah menerbitkan lebih dari tiga juta kartu kredit dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 13 juta senilai lebih dari Rp10 triliun. Nilai transaksi itu tumbuh 24,23% dari periode yang sama tahun sebelumnya," ungkap Tardi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)