Danamon Umumkan Penjualan Saham FFH kepada DBS

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. dan Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd. (FFH) telah menjalin kesepakatan penjualan saham bersyarat (conditional share purchase agreement) dengan DBS Group Holdings (DBS) untuk menjual semua kepemilikan sahamnya di Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. (AFI) kepada DBS. AFI memiliki sekitar 67,37% dari total saham yang diterbitkan oleh Danamon. Transaksi ini akan difinalisasi setelah diperoleh persetujuan, antara lain, dari pemegang saham DBS dan para regulator, termasuk Bank Indonesia.

Pemegang saham Danamon diharapkan untuk merujuk kepada pengumuman DBS tertanggal 2 April 2012 bahwa DBS akan mengeluarkan Mandatory Tender Offer (MTO) untuk mengakuisisi saham terdaftar dari pemegang saham Danamon lainnya dengan harga penawaran Rp 7000 per saham.

Henry Ho, Presiden Direktur Danamon, mengatakan jika transaksi terlaksana, Danamon dan DBS dapat saling melengkapi dalam berbagai area. Danamon memiliki jaringan distribusi nasional yang luas, yang akan terus tumbuh sejalan dengan rencana pembukaan sekitar 300 lokasi baru dan 600 ATM baru dalam kurun dua tahun sampai tahun 2012, serta mempunyai kemampuan melayani mass market di Indonesia, yang memiliki tingkat penetrasi layanan perbankan yang rendah.

DBS merupakan bank terbesar di Singapura dengan jangkauan internasional. “Kami percaya DBS memiliki kekuatan dalam corporate banking, capital markets, trade finance, dan investment management. Apabila transaksi terlaksana, Danamon akan bekerja sama dengan DBS untuk menjadi bagian dari suatu perbankan Asia yang dinamis,” ujar Henry berharap.

Vera Eve Lim, Chief Financial Officer Danamon, mengungkapkan, ke depan pihanya akan melanjutkan rencana pertumbuhan bisnis melalui, antara lain, memperkuat kepemimpinan kami di segmen mass market dan melanjutkan pertumbuhan kredit pada segmen wholesale, usaha kecil dan menengah (UKM), dan ritel.

Danamon akan melakukan penunjukan penasihat-penasihat yang relevan untuk membantu Dewan Komisaris dan Dewan Direksi mengenai langkah-langkah selanjutnya yang berhubungan dengan transaksi ini. (Rias Andriati/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)