Deltomed - Kimia Farma Bekerja Sama dalam Riset dan Kemandirian Bahan Baku Obat

PT Deltomed Laboratories menandatangi Nota Kesepahaman Bersama dengan PT Kimia Farma (Persero) Tbk dalam hal budidaya tanaman obat, riset, proses pengembangan produksi, dan ritel/penjualan produk dan jasa. Kerja sama ini bertujuan untuk menuju kemandirian Indoensia dalam bahan baku obat herbal.Perjanjian ini berlaku untuk jangka waktu 3 tahun sejak penandatangan.

deltomedfoto

 

Sebagai tahap awal, kesepahaman ini akan tertuang dalam bidang riset berupa pelaksanaan riset bersama Deltomed dan Kimia Farma untuk meneliti efektifitas dan efikasi bahan aktif herbal Indonesia.  Dalam bidang pembudidayaan tanam herbal berupa pemanfaatan lahan Kimia Farma untuk penanaman  tanaman herbal yang akan digunakan untuk memasok kebutuhan Deltomed, diawali dengan penanaman jahe.

Untuk proses  pengembangan produksi akan dilakukan studi banding dan pengembangan bersama proses produksi, termasuk dukungan Deltomed dengan mengalihkan sebagian mesin produksinya kepada Kimia Farma. Di bidang distribusi akan ada pemanfaatan jaringan distribusi apotek Kimia Farma untuk memasarkan produk Deltomed.

Drs Rusdi Rosman, MBA, Apt., Direktur Utama PT Kimia Farma (Persero) Tbk., mengatakan, “Kimia Farma menyambut baik kerja sama yang dilakukan oleh Deltomed. Kami berharap sinergi yang dilakukan oleh kedua belah pihak dapat saling melengkapi serta menguatkan kemampuan masing-masing perusahaan. Kimia Farma saat ini juga ingin memperkuat divis obat herbalnya tentu dapat belajar banyak dari Deltomed sementara kekuatan Kimia Farma di bidang distribusi dan ketersediaan lahan dapat membantu Deltomed untuk lebih meningkatkan produksi serta memperluas jangkauan dalam memasarkan produknya sekaligus mempromosikan penggunaan obat herbal di masyarakat. Karenanya penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi momen strategis yang penting dalam sejarah perkembangan kedua perusahaan.

Mulyo Rahardjo, Managing Director PT Deltomed Laboratories, menjelaskan, sebagai perusahaan farmasi nasional berbasis herbal yang konsisten mengembangkan obat herbal produksi Indonesia, Deltomed selalu berupaya untuk meningkatkan kemandirian Indonesia terutama dalam bahan baku obat herbal. Hal inilah yang mendorong Deltomed sebagai produsen obat herbal nasional untuk melakukan terobosan, salah satunya dengan bermitra dengan Kimia Farma.

Drs Nyoto Wardoyo, Apt., Direktur Utama PT Deltomed Laboratories, mengatakan, “Indonesia mempunyai peluang yang sangat besar di bidang ini mengingat kita memiliki sumber daya yang sangat kaya sedangkan teknologi bisa kita datangkan agar proses produksi tidak perlu dilakukan lagi di luar negeri sehingga dapat menekan biaya. Dengan demikian, nantinya bila dunia ingin mencari bahan baku obat herbal, maka mereka akan merujuk ke Indonesia, khususnya pada Deltomed dan Kimia Farma.” (EVA)

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)