Demi Efisiensi, Kimia Farma Dirikan Perusahaan Patungan

Guna mencapai efisiensi biaya dan menjamin pasokan bahan baku, PT Kimia Farma (Persero) Tbk mendirikan perusahaan patungan bersama dengan PT Sungwung Pharmakopia Indonesia (SPI). Kedua perusahaan itu pada 25 Januari 2016 menandatangani akta pendirian untuk mendirikan perusahaan patungan, PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (KFSP).

Pendirian KFSP akan bergerak di bidang usaha industri kimia, bahan baku obat active pharmaceutical ingridient dan high functional chemical. Pendirian perusahaan patungan ini merupakan pengembangan usaha Kimia Farma melalui entitas anak yang akan memberikan jaminan ketersediaan bahan baku atas produk obat yang akan diproduksi perseroan. "Produk yang akan dihasilkan akan memberikan efisiensi atas biaya bahan baku, yang pada akhirnya diharapkan dapat menurunkan biaya pengadaan bahan baku," jelas Direktur Utama Kimia Farma, Rusdi Rosman dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Apotek Kimia Farma (foto : istimewa) Apotek Kimia Farma (Ilustrasi Foto : istimewa)

Kimia Farma menyuntikkan dana sebesar Rp 20,62 miliar dan SPI, perusahaan asal Korea Selatan, menggulirkan dana Rp 6,87 miliar untuk mendirikan perusahaan patungan tersebut. Untuk persentase kepemilikan saham, Kimia Farma menguasai saham terbesar, yaitu sebanyak 75% dan SPI sebesar 25%. "Nilai setoran modal dalam PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia yang dilakukan perseroan adalah sebesar Rp 20,6 miliar yang berasal dari kas internal perseroan," ujar Rusdi.

Rusdi menjelaskan ekuitas perseroan per 31 Desember 2015 tercatat sebesar Rp 1,86 triliun. “Maka, nilai penyertaan perseroan pada Kimia Farma Sungwung Pharmacopia adalah sebesar 1,103% dari nilai ekuitas tersebut,” ujarnya. Dengan demikian nilai penyertaan perseroan ke perusahaan patungan ini tidak mencapai nilai yang material sebagaimana dimaksud dalam Peraturan No IX.E.2 (***)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)