DHL Global Forwarding Resmikan Kantor di Manado dan Palembang

DHL Global Forwarding, spesialis jasa pengiriman udara dan angkutan laut milik Deutsche Post DHL, memperluas jaringan operasionalnya di Indonesia dengan membuka dua kantor tambahan di Manado dan Palembang untuk memberikan layanan lebih bagi enam koridor ekonomi baru yang tengah dikembangkan.

Kantor baru ini akan melengkapi 7 kantor sebelumnya - termasuk di Ujung Pandang yang diluncurkan pada awal tahun 2013 - dan 40 terminal yang membentuk jaringan di Indonesia. Penambahan kantor operasional sepanjang 2014-2015 sedang dalam tahap perencanaan.

DHL Express

"Indonesia adalah salah satu dari empat negara MIST - Mexico, Indonesia, Korea Selatan dan Turki – yang diidentifikasi oleh para ekonom dan DHL sebagai kelompok negara dengan perekonomian yang tumbuh dengan pesat," ujar Kelvin Leung, CEO, DHL Global Forwarding, Asia Pasifik.

Menurutnya, Indonesia sedang mengalami laju pertumbuhan yang cepat sejalan dengan upaya pemerintah dalam menjalankan strategi ekonominya dan berinvestasi dalam infrastruktur untuk menciptakan kemampuan logistik terbaik pada tahun 2025. DHL memiliki peranan penting dalam pengembangan berbagai solusi bagi industri logistik Indonesia dan kami sedang menyelaraskan ekspansi berikutnya guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, baik yang sedang tumbuh di kawasan tersebut dan investasi oleh perusahaan-perusahaan kelas dunia.

Kantor DHL Global Forwarding yang baru di Manado dan Palembang akan beroperasi sebelum akhir tahun ini. Manado merupakan salah satu daerah yang berkembang di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 7,3 persen dan nilai ekspor US$ 63,2 juta per Januari 2013.

Pelabuhan Manado-Bitung yang ditunjuk sebagai Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) serta jalan tol baru yang menghubungkan kota dan pelabuhan tersebut akan dibuka tahun depan untuk mendukung perdagangan komoditas utama di wilayah tersebut seperti ikan dan hasil laut, kopi, rempah-rempah dan pertambangan.

Palembang merupakan  ibukota dan kota terbesar kedua PulauSumatera dengan nilai ekspor yang mencapai hampir USD 300 juta pada tahun 2013. Pembangunan infrastruktur di Palembang meliputi jalan tol, terminal kargo, pembangkit listrik dan terminal terpadu transportasi darat, sungai dan kereta api adalah untuk mendukung pertumbuhan dua koridor ekonomi antara Jawa dan Sumatera. Komoditas utama daerah tersebut meliputi batubara, kakao, rempah-rempah, kopi, karet, pulp dan kertas.

Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 1992, DHL Global Forwarding membuka kantor operasional di Medan pada tahun 2011, Denpasar pada tahun 2012, dan Ujung Pandang pada awal tahun 2013, yang merupakan pengembangan berdasarkan keberhasilannya di Jakarta, Bandung, Semarang, Balikpapan, Batam, dan Surabaya. Sebelumnya, DHL Global Forwarding menginvestasikan US$ 3 juta untuk membangun fasilitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, pada tahun 2006. Jejak DHL di Indonesia juga termasuk pergudangan seluas 80.000 meter persegi.

Indonesia, dengan PDB lebih dari 6 persen selama tiga tahun terakhir, mengalami pertumbuhan yang paling stabil di kawasan ASEAN. Peningkatan investasi, sumber daya alam seperti kayu, gas alam, batubara, karet dan pasar dalam negeri yang tumbuh dengan pesat – pertumbuhan 66 persen berasal dari konsumsi dalam negeri - telah menjadikan negara ini sebagai bintang dari emerging market.

Berdasarkan Visi Logistik Indonesia 2025: untuk daya saing nasional, pemerintah Indonesia berupaya untuk membangun infrastruktur logistik yang secara domestik terintegrasi di seluruh nusantara dan secara internasional terhubung dengan negara-negara ekonomi maju untuk meningkatkan daya saing nasional. Indonesia juga menandatangani perjanjian perdagangan bebas baik di dalam maupun luar ASEAN yang akan meningkatkan keterhubungan Indonesia dengan dunia dan mempercepat serta memudahkan pergerakan kargo. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)