Gaet Pirelli, Astra Otoparts Produksi Ban Motor

Berdasarkan data PT Astra Otoparts Tbk. di 2015, jumlah sepeda motor di Indonesia meningkat sebesar 4.904.367 unit. Peningkatan ini tentu saja menjadi peluang bisnis bagi PT Astra Otoparts Tbk untuk menyediakan suku cadang dan ban. Astra Otoparts  meluncurkan ban sepeda motor premium yang diberi merek Aspira Premio. Untuk itu, didirikan perusahaan patungan dengan Pirelli, PT Evoluzione Tyres untuk memproduksi ban tersebut. Komposisi kepemilikan sahamnya 40% Astra Otoparts  dan  60% Pirelli. Pirelli adalah perusahaan pabrik ban yang berasal dari Italia. Untuk produksi Aspira Premio, PT Evoluzione Tyres menempati pabrik dengan luas 31 hektare dan kapasitas produksi 7 juta unit pertahunnya. Namun, lahan yang baru dipakai baru sekitar 14 hektar.

banastra

Ban Aspira Premio didesain khusus sesuai dengan kondisi jalan dan cuaca di Indonesia. “Seluruh proses produksi ban akan dikontrol penuh oleh Pirelli dari sisi teknologi, pengadaan, kualitas ban, dan juga tenaga ahli,” ujar Yusak Kristian, Direktur PT Astra Otoparts Tbk.

Ada 3 tipe Aspira Premio yang ditawarkan yaitu, Urbano, Sportivo, dan Sportivo RS. Urbano diperuntukkan sepeda motor yang dipakai sehari-hari. Sportive diperunukkan untuk sepeda motor yang biasa digunakan untuk turing atau perjalanan jarak jauh. Sportive RS ditunjukkan untuk sepeda motor yang biasa digunakan untuk balapan. Sportive RS mengunakan silica yang memberikan traksi maksimal di kecepatan tinggi, cengkraman kuat pada saat maneuver dan keamanan dalam pengereman. “Ban ini sudah teruji di tes keamanan yang sebagian besar kami lakukan di Indonesia,” ujar Alessandro Monzani, R&D PT Evoluzione Tyres.

Tahun ini, PT Evoluzione Tyres memproduksi 1,5 juta unit sepeda motor untuk kebutuhan lokal maupun ekspor. 80% di antaranya adalah tipe Urbano. Hal ini dikarenakan motor scooter merajai pasar sepeda motor di Indonesia. Sebanyak 2 ribu unit Aspira Premio sudah diekspor ke Malaysia. “Banyak permintaan yang sudah masuk ke kami, sebagian besar dari negara-negara di Asia. Sebenarnya fokus kami ada di pasar lokal, tapi karena buyer yang di Malysia sudah kepengen sekali, jadinya kami ekspor ke sana,” jelas Yusak. Aspira Premio dibanderol dengan harga Rp 150 – 750 ribu. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)