Global Teleshop Lepas 10% Saham ke Publik

Peritel produk telekomunikasi, PT Global Teleshop Tbk. (Global), akhirnya merealisasikan Penawaran Umum Perdana (Initial Public Offering/IPO) saham sebanyak 10% modal atau 111,112 juta saham akan dilepas ke publik.

Saat ini kepemilikan saham Global Teleshop didominasi oleh PT Trilinium hingga 80%, sisanya dimiliki PT Global Perkasa Mandiri. Setelah IPO 10% modal akan dilepas ke publik sedangkan 72% yang dimiliki Trilinium akan terdilusi dan diakuisisi oleh PT Trikomsel Oke Tbk. Sebanyak 18% sisanya menjadi milik Hermes Thamrin yang kini menduduki jabatan Komisaris Utama Global.

Menurut Presiden Direktur Global Teleshop, Evy Soenarjo, sekitar 60% dana IPO akan digunakan sebagai tambahan modal kerja perseroan, selebihnya akan digunakan untuk pembayaran utang kepada PT Trilinium.

Global mengandalkan Equator Securities dan Lautandhana Securindo sebagai penjamin pelaksana emisi. Masa book building dilakukan mulai 19 sampai 20 Juni 2012, sedangkan masa penawaran IPO akan berlangsung sejak tanggal 2 hingga 4 Juli 2012. Global akan mencatatkan sahamnya di BEI pada 10 Juli 2012.

Dengan average selling point Rp 2 juta, Global saat ini memiliki 313 outlet di 40 kota di Indonesia. Segmen pasar mereka pun cenderung pada kelas A, B, dan sedikit C. Setelah meninggalkan produk telekomunikasi asal Cina, Global menjadi salah satu Apple Premium Reseller sejak Agustus 2011. Brand menengah atas lain seperti BlackBerry, Nokia, LG, Samsung, dan HTC. Meski juga menjual produk operator Telkomsel, revenue Global didominasi dari penjualan device. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)