GMF Berhasil Pertahankan Sertifikasi EASA

Otoritas penerbangan sipil Uni Eropa, European Aviation Safety Agency (EASA) menyatakan PT GMF AeroAsia sebagai organisasi perawatan pesawat memenuhi standar mutu yang dipersyaratkan dalam regulasi EASA Part 145. Kesimpulan tersebut disampaikan saat debriefing oleh dua auditor EASA, Bruno Faucher dan Emmanuel Heugas setelah melakukan audit fasilitas GMF dari tanggal 20 sampai 24 Februari 2012.

Hasil audit ini menegaskan untuk kesekian kalinya GMF mampu memenuhi seluruh persyaratan EASA,” kata Ganis Kristanto, VP Quality Assurance and Safety PT GMF AeroAsia. Dalam exit meeting yang berlangsung pada 24 Februari 2012, Auditor EASA memastikan tingkat kepatuhan terhadap sistem dan prosedur seluruh item daftar audit telah dapat dibuktikan.

Audit yang dilakukan EASA selama lima hari penuh mencakup seluruh aspek perawatan pesawat seperti quality system & procedures, personnel record, mandatory training, tools & equipment, facility, material, maintenance data, maintenance record, dan certification of maintenance. Selain memeriksa semua item yang masuk daftar audit, auditor juga melihat langsung proses perawatan pesawat yang dilakukan GMF di Hangar 1, 2, dan 3, terutama maskapai yang berada di bawah otorisasi EASA.

Menurut Ganis, audit kali ini berlangsung sangat ketat, detail dan mendalam. Para auditor EASA mengaudit semua rating yang dimiliki GMF. Tahun ini auditor EASA lebih memfokuskan auditnya ke certifying staff personnel karena terkait dengan requirement baru EASA. “Secara umum hasil audit bagus,” klaimnya kepada Ario Fajar dari SWA. Meski ada beberapa catatan dan rekomendasi yang segera ditindaklanjuti oleh GMF dengan melakukan corrective action.

Ganis mengatakan, hasil audit yang dicapai menunjukkan perkembangan signifikan GMF dalam menjaga dan meningkatkan mutu perawatan sesuai standar internasional. “Hasil audit menunjukkan kemampuan GMF AeroAsia dalam mempertahankan certificate of approval EASA yang diraih sebelumnya,” kata Ganis.

Ditambahkan Ganis, meski GMF dinilai telah memenuhi standar mutu perawatan otoritas penerbangan sipil Eropa, namun tetap harus dilakukan perbaikan secara terus menerus. EASA mengapresiasi GMF telah menjalankan regulasi EASA Part 145 dengan baik. Sehingga dalam audit yang dilakukan sekali setahun ini, GMF dinyatakan lulus dan memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)