Grup Trakindo Mengakuisisi Fastfood Carl’s Jr.

Akhirnya Grup Trakindo tergiur juga terjun ke bisnis kuliner. Tidak main-main perusahaan yang cikal bakalnya menggeluti industri heavy equipment itu melakukan take over jaringan resto cepat saji Carl’s Jr di Indonesia yang selama ini dikelola oleh Carl Karcher Enterprise (CKE) sejak tahun 2010. Sayangnya kedua belah pihak enggan buka kartu berapa total nilai transaksi dari akuisisi tersebut.

Akuisisi itu dilakukan Grup Trakindo melalui PT Tiara Marga Trakindo (TMT). Perseron menyadari bahwa pasar ritel di Indonesia terus  bertumbuh, hal ini membuat TMT melakukan diversifikasi usaha untuk masuk ke bisnis ritel pada tahun 2013 dengan mendirikan grup bisnis ritel Mahadya.

Carls Junior (2)

Mahadya bertujuan untuk menjadi grup ritel yang tangguh di Indonesia dengan mengoperasikan rangkaian lifestyle brands yang inovatif. Langkah awal memasuki industri ritel ditandai dengan mendapatkan hak eksklusif untuk waralaba fastfood yang menu utamanya burger, merek Carl’s Jr. Indonesia pada Juli 2013 di bawah naungan PT Generasi Mutiara Bangsa dengan 5 gerai di Jakarta. Saat ini, total gerai yang dimiliki Carl’s Jr. di Indonesia mencapai 7 gerai.

Gerai pertama Carl’s Jr. di bawah manajemen Mahadya beroperasi di Bintaro Jaya Xchange Mall yang diresmikan pada Januari 2014. Mahadya telah melebarkan pasar Carl’s Jr. ke Surabaya melalui gerai pertamanya di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Gerai yang diresmikan pada Februari 2014 ini merupakan gerai Carl’s Jr. Indonesia di bandara yang pertama beroperasi 24 jam.

Presiden Direktur Mahadya, Irzan H. Pulungan, mengatakan, Mahadya adalah salah satu unit bisnis baru yang khusus didirikan oleh TMT untuk merambah bisnis ritel. Ini adalah langkah perusahaan untuk menyeimbangkan portofolio bisnis, mengingat grup yang selama puluhan tahun telah dikenal sebagai grup pertambangan, dan energi.

Lebih lanjut, Mahadya akan membangun berbagai lini bisnis ritel yang lebih luas. Selain restauran, Mahadya ke depan akan merambah segmen ritel pasar swalayan, cafe dan lain-lain. ”Kami akan masuk ke lifestyle masyarakat Indonesia, dan ingin menjadi salah satu pemain ritel yang kuat di Indonesia. Kami juga berkomitmen untuk selalu memberikan yang berbeda bagi setiap brand yang kami pegang nantinya,” ujar Irzan.

Sementara itu, Chief Operating Officer F&B Mahadya, Mehdi Zaidi, menjelaskan bahwa resto Carl’s Jr. dipilih karena Mahadya memiliki keyakinan bahwa Carl’s Jr. adalah merek burger terkenal dan populer di Amerika serta dioperasikan oleh Carl Karcher Enterprise, perusahaan internasional dengan kinerja yang baik dan memiliki sejarah lebih dari 70 tahun.

Dengan akuisisi dari Mahadya, Carl’s Jr. Indonesia akan terus berekspansi di kota-kota besar di Indonesia, menciptakan ribuan peluang kerja untuk masyarakat Indonesia. Carl’s Jr. Indonesia optimis untuk menjadi pemimpin dalam bisnis burger di Indonesia.

“Untuk pembukaan satu outlet Carl’s Jr dibutuhkan investasi sekitar Rp 2,5-3 miliar,” ujar Mehdi. Dan satu outlet mempekerjakan 15-18 orang tergantung ukuran outletnya.

Carls Junior

CKE Tak Ragu Bermitra Dengan TMT

Sementara itu, pemilik waralaba internasional Carl’s Jr., Carl Karcher Enterprise (CKE) memilih Mahadya sebagai mitra di Indonesia dengan melihat  Grup TMT  yang memiliki reputasi andal di Indonesia. Executive Vice President of International Franchise Operations CKE, Ned Lyerly mengatakan, “Kami percaya bahwa di bawah manajemen Mahadya, Carl’s Jr. Indonesia akan tumbuh dan melayani konsumen Indonesia dengan produk, pilihan menu, serta layanan berkualitas sebagai inti dan semangat dari merek Carl’s Jr. “

Mehdi memperkenalkan konsep desain restoran baru dari Carl’s Jr. Indonesia di cabang Carl’s Jr. di Bintaro Jaya Xchange Mall pada Januari 2014. Kini, desain interior lebih modern, cozy dan nyaman. Desain ini memberikan suasana yang lebih eksklusif dan stylish.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Carl’s Jr. Indonesia telah melengkapi menunya dengan rangkaian menu sarapan yang terdiri dari Breakfast Burger, Sunrise Croissant Egg and Cheese, Hash Brown, Italian Premium Coffee, dan Premium Quality Tea. Rangkaian menu sarapan ini telah hadir di gerai Carl’s Jr. di Bandara Juanda Surabaya. Ke depan, rangkaian menu sarapan ini akan hadir di setiap gerai yang berdiri sendiri (stand alone) di luar mall.

Di bawah manajemen Mahadya, Carl’s Jr. Indonesia juga telah memperoleh sertifikasi halal untuk seluruh gerainya. Sertifikasi halal ini memastikan para konsumen Muslim dapat secara aman & nyaman mengkonsumsi produk-produk berkualitas dari Carl’s Jr. Indonesia.

Semua burger yang disajikan oleh Carl’s Jr. dimasak setelah pemesanan. Tujuannya agar burger lebih segar, lezat, dan sehat. Bahan yang digunakan  berasal dari adonan daging sapi 100 %  tanpa campuran tepung. Teknik panggang spesial pada setiap burgernya, yang dinamakan “charbroiled”. Teknik masak ini memanggang burger dari atas dan bawah secara bersamaan, sehingga menghasilkan panggangan sempurna pada setiap sisinya.

Untuk layanan Carl’s Jr., ada “Happy Star Service” pada setiap gerainya. Setiap orang akan dilayani oleh layanan yang ramah dan bersahabat. Pengunjung tidak harus meninggalkan mejanya jika ia membutuhkan apa pun, para pramusaji Carl’s Jr. akan melayani mereka. Selain itu Carl’s Jr. menyediakan free refill drinks, pengunjung dapat selalu mengisi ulang sepuasnya berbagai jenis minuman seperti ice tea, lemon tea, dan soft drinks.

Tentang Grup TMT

Tiara Marga Trakindo (TMT) adalah perusahaan induk dari beberapa anak perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan jasa alat berat, perusahaan investasi dalam berbagai bisnis, pendanaan keuangan, dan perusahaan energi. TMT didirikan pada tahun 2000 sebagai perusahaan induk dari Grup TMT , setelah restrukturisasi PT Trakindo Utama yang didirikan pada tahun 1971.

Saat ini, TMT membawahi anak perusahaan yaitu PT Trakindo Utama, PT Chandra Sakti Utama Leasing (CSUL finance), PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha), PT HD Finance, Tbk, dan PT ABM Investama, Tbk.

Sebagai perusahaan induk, TMT berperan untuk meningkatkan dan memperkuat anak perusahaan dan mendukung nilai-nilai perusahaan mereka melalui perencanaan strategis, pengorganisasian, kepegawaian, pengarahan, dan pengendalian yang efektif.

Kiprah Mahadya

PT Mega Mahadana Hadiya (Mahadya) merupakan unit usaha PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha) yang didirikan pada 2013 sebagai perusahaan yang beroperasi di segmen ritel konsumen. Saat ini Mahadya mengoperasikan waralaba Carl’s Jr. Selanjutnya, dengan dukungan jaringan luas dari grup perusahaan induk, Mahadya akan terus menghadirkan berbagai brand yang dapat semakin memantapkan posisinya sebagai  pemain ritel yang patut diperhitungkan.

Reputasi Carl Kacher Enterprise

CKE Restaurants Holdings, Inc. (CKE) adalah perusahaan swasta yang berpusat di Carpinteria, Calif. Melalui anak perusahaannya, CKE memegang lisensi restoran Carl’s Jr.® dan Hardee’s® . CKE mengoperasikan Carl’s Jr. dan Hardee’s sebagai satu merek dibawah dua nama, dengan melihat sejarah dari kedua nama tersebut.

CKE memiliki jumlah keseluruhan restoran waralaba atau yang dioperasikan oleh perusahaan sendiri di 42 negara bagian Amerika dan 30 negara termasuk wilayah Amerika. Dikenal dengan menu premiumnya dan pendekatan marketing yang meraih berbagai penghargaan, merek Carl’s Jr./Hardee’s terus memberikan pertumbuhan yang penting dan konsisten di Amerika dan negara-negara lain. Sistem Carl’s Jr./Hardee’s saat ini adalah 74 persen waralaba, dengan restoran internasional mewakili 17 persen dari sistem yang ada. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)