GTN Investasi Rp230 Miliar Bangun Data Center Berstandar Jepang

PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), anak usaha PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) yang berfokus pada layanan pengelolaan data center, melakukan groundbreaking, menandai dimulainya pembangunan GTN Data Center Tier / Rate 4 Ready seluas 2.000 meter persegi di Lippo Cikarang. GTN Data Center yang hadir dengan konsep ”green data center” ini mengadopsi Japanese design yang ramah lingkungan dan hemat energi. GTN Data Center yang menghabiskan dana investasi sekitar Rp230 miliar ini diharapkan siap beroperasi pada April 2016.

“Bisnis layanan data center adalah bisnis kepercayaan, yang sangat kritikal dalam menjamin operasional tanpa gangguan. Untuk memastikan layanan terbaik, kami telah melakukan rancang bangun dengan seksama, memilih infrastruktur yang andal dan jaringan broadband berkecepatan tinggi, serta penyempurnaan pada sistem keamanan tingkat tinggi dengan 7 lapisan keamanan,” jelas Harijono Suwarno, Komisaris MLPT.

GTN menawarkan layanan co-location / penyewaan rak, managed services, dan program inkubasi bagi perusahaan start up dengan keterbatasan sumber daya.

GTN Data Center

Prospek GTN Data Center diyakini sangat menjanjikan, dan membuka peluang investasi bagi perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia yang membutuhkan data center dengan tingkat keamanan sangat tinggi, serta konektivitas tanpa hambatan.

“Untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan pasar, khususnya di sektor finansial dan industrial, kapasitas rak GTN Data Center telah kami siapkan hingga sekitar 20.000 rak – yang akan menjadi salah satu data center co-location terbesar di dunia,” ujar Richard Kartawijaya, CEO GTN.

Richard menambahkan, untuk memastikan sistem keamanan di GTN Data Center ini adalah yang paling aman di Indonesia, pihaknya bekerja sama dengan salah satu penyedia layanan sistem keamanan terpercaya dan tercanggih nomor 1 di Jepang.

Keunggulan GTN Data Centerini terletak pada strategi terpadu 3S yang diadopsi dari sistem manajemen mutu berkualitas tinggi dari Jepang, yaitu: safe (lokasi yang strategis dan aman), stable (penggunaan sumber daya listrik rangkap / dual grid power supply untuk menjamin suplai daya yang stabil), dan sustainable (pemanfaatan Dynamic Rotary UPS / DRUPS dengan energi kinetik sebagai daya cadangan untuk menjamin tersedianya sumber daya yang terus menerus).

DRUPS merupakan alternatif solusi pengganti baterai yang bebas bahan beracun, hemat ruang UPS, tidak membutuhkan sistem pendingin, dan menjamin kualitas daya yang lebih baik.

”MKI senang sekali bisa berbagi keahlian, pengetahuan, dan pengalaman kami selama lebih dari 20 tahun dalam bidang SI, termasuk didalamnya pengoperasian dari data center berkualitas tinggi di Jepang. Kami juga berharap untuk dapat menerapkan solusi TI terkini seperti layanan cloud, sebagai nilai tambah dari layanan yang ditawarkan oleh GTN Data Center,“ kata Katsuhisa Nakatani, Executive Office & Branch Chief of Singapore dari MKI mewakili Masaki Saito, President & CEO MKI. Pihaknya akan berupaya menghadirkan layanan data center yang andal dan inovatif berstandar Jepang bagi berbagai perusahaan di Indonesia, termasuk perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia.

“Pemilihan lokasi merupakan hal yang kritikal dalam bisnis data center. Lippo Cikarang bangga PT Multipolar Technology Tbk melalui anak usahanya GTN bersama Mitsui dan MKI mempercayakan lokasi data center di area premium Lippo Cikarang yang semakin dinamis perkembangannya dengan kehadiran World Class Mixed Used Development Project / Globally Connected City Orange County seluas 322 hektar, dan kami melihat peluang investasi yang menjanjikan, terlebih dengan kehadiran data center,” demikian disampaikan Meow Chong Loh, Presiden Direktur LPCK dalam sambutannya saat groundbreaking.

GTN Data Center merupakan proyek patungan dengan komposisi kepemilikan saham terdiri dari MLPT 65%, MKI 25% dan Mitsui 10%.

Sekadar informasi GTN adalah anak usaha dari PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) yang berfokus pada layanan pengelolaan data center. GTN Data Center adalah proyek joint venture antara MLPT, Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) and Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd. (MKI). GTN diposisikan untuk menjadi penyedia layanan data center terkemuka di Indonesia.

Sementara itu, Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) adalah perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan perdagangan di Jepang yang didirikan pada 1947. Mitsui memanfaatkan lokasi, jaringan dan sumber informasi globalnya yang tersebar di berbagai negara, untuk menjalankan bisnis multilateral seperti penjualan produk, logistik dan jasa pembiayaan di seluruh dunia, melalui pengembangan infrastruktur internasional terkemuka dan proyek lainnya di sektor: Besi & Baja, Sumber Daya Mineral & Logam, Proyek Infrastruktur, Sistem Transportasi Terintegrasi, Kimia, Energi, Bahan Pangan, Produk Makanan Jadi & Layanannya, Layanan Konsumen, Bisnis TI & Komunikasi, Bisnis Pengembangan Perusahaan.

Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd.(MKI) adalah anak usaha dari Mitsui & Co., Ltd., dengan spesialisasi dalam menyediakan layanan dan produk terkait ICT (Information and Communication Technology). Bermitra dengan berbagai penyedia ICT kelas global dan telah membantu lebih dari 1500 perusahaan, MKI menawarkan solusi terbaik di kelasnya bagi pelanggannya. MKI berfokus pada 3 besaran segmen usaha yaitu “system integration”, “platform integration” dan “layanan data center dan cloud”. MKI juga menyediakan layanan pengolahan energi, perkiraan pasar dan analisa genome dengan mengkombinasikan system integration dan solusi data center.

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) adalah System Integrator di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 39 tahun di sektor perbankan dan keuangan, telekomunikasi, publik dan komersial. Pada 8 Juli 2013 Perseroan tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham MLPT. MLPT adalah anak usaha dari PT Multipolar Tbk (MLPL), perusahaan holding diversifikasi terkemuka dengan fokus utama pada bisnis ritel dan sektor TMT (Technology, Multimedia dan Telecommunication). MLPL adalah bagian dari Lippo Group.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)