Hasil Survey PwC: 11% Komunitas Perbankan Prihatin Regulasi

Mayoritas komunitas perbankan prihatin dengan regulasi yang mengatur sektor perbankan. Regulasi dianggap sebagai hambatan utama bagi pertumbuhan pertumbuhan di tahun 2012. Berdasarkan Indonesia Banking Survey 2012 yang dilakukan PwC Indonesia menunjukkan bahwa hanya 11% dari responden menganggap peraturan di sektor perbankan cukup mendukung. Regulasi sering dianggap tidak jelas dan berlebihan.

Regulasi yang tidak jelas dan berlebihan sering menimbulkan keresahan yang tidak perlu bagi manajemen perbankan, kendala pada profitabilitas dan mengurangi kapasitas untuk memberikan pinjaman. "Komunitas perbankan terus bertanya apa yang akan terjadi," ujar Ashely Wood, Penasihat Teknis divisi perbankan di PwC Indonesia.

Regulasi yang paling memprihatinkan bagi komunitas perbankan adalah tertundanya kajian Bank Indonesia (BI) pada batas maksimum kepemilikan bank (ownership cap).

Indonesia Banking Survey adalah survei tahunan yang menyoroti kondisi perbankan di Tanah Air. Melibatkan lebih dari 100 eksekutif perbankan senior yang mewakili lebih dari 60% bank (berdasarkan nilai aset).

Dalam sigi itu juga ditemukan bahwa 85% responden mengkhawatirkan krisis utang di Eropa. Selain itu, 95% responden memperkirakan pertumbuhan dua digit untuk pinjaman di tahun 2012.

Sementara itu, pertumbuhan organik dibandingkan dengan pertumbuhan melalui akuisisi menjadi pilihan strategi yang paling disukai oleh responden. Perusahaan kecil dan menengah (UKM) diharapkan dapat menghasilkan pertumbuhan tertinggi dalam penyaluran kredit di tahun 2012.

Sesuai dengan strategi pertumbuhan organik di mana preferensi responden berfokus pada sektor UKM dan perluasan jaringan kantor cabang, terlihat sebagai fokus utama operasional mereka pada tahun ini.

Lebih dari sepertiga (39%) responden berencana membuka setidaknya lebih dari 25 cabang di 2012 dan 11% responden berencana untuk membuka lebih dari 100 kantor cabang di tahun 2012. (Lila Intana/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)