HIPPI Bentuk Modal Ventura untuk Kembangkan Industri Kreatif

Suryani SF Motik, Ketua Umum HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia), mengatakan, tahun 2013 HIPPI akan membentuk modal ventura. Sebagai tahap awal HIPPI akan memberikan bantuan modal sekitar Rp 20 miliar kepada sekitar 100 anggota, khususnya entrepenuer muda yang menekuni bisnis ekonomi kreatif dan perikanan.

“Bantuan modal ini diprioritaskan untuk  industri kecil menengah (IKM).  Sebab, ekonomi kreatif banyak melahirkan entrepreneur muda yang diharapkan mampu bersaing di kancah global,” ujar Suryani di sela-sela  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 1 tahun 2012 (6-8 Desember 2012) di Hotel Manhattan, Jakarta.

Apalagi saat ini, hanya  sekitar 3,8 juta unit IKM nasional yang sekitar 75% diantaranya, tersebar di pulau Jawa dan 25% sisanya di luar pulau Jawa. Bahkan Kementerian Perindustrian menargetkan tahun 2014  sekitar 40%  IKM tersebar ke luar pulau Jawa. Apalagi berdasarkan pengalaman krisis global beberapa waktu lalu, IKM merupakan sektor yang relatif paling tahan banting dibanding sektor-sektor lainnya, sektor ini juga mampu menyerap tenaga kerja yang besar dan mendorong pemerataan pendapatan masyarakat.

Dijelaskannya, Rakernas HIPPI mengusung tema membangun kekuatan ekonomi kebangsaan dalam era global. HIPPI ingin mewujudkan peningkatan peran dari pengusaha pribumi sebagai warga negara Indonesia yang bertanggung jawab serta sadar akan hak dan kewajibannya terhadap bangsa dan negara. Beberapa pembicara yang hadir di antaranya  Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)